Laman

Sabtu, 10 Maret 2012

CENDOL, 13 Mei 2011


Skenario Yang "Eye Catching"
Ari Kinoysan

Dear Cendolers….
“Skenario yang eye catching” yang saya maksudkan adalah skenario yang menarik perhatian produser. Sedikit berbeda dengan penerbitan naskah di penerbit, produser di Indonesia memiliki otoritas penuh untuk eksekusi apakah satu skenario akan diproduksi atau tidak.

Pasti banyak di antara Cendolers, penulis skenario yang memiliki skenario dan ingin menjualnya ke PH atau produser. Bahkan sudah mengirimkannya sampai berbendel-bendel, tapi tak ada respon selama berbulan-bulan dan nasibnya tidak jelas. Percayalah, yang mengalami hal itu tidak satu dua, tapi sangat banyak. Kenapa? Jawabnya karena skenario tidak “eye catching”.
Jangankan untuk skenario dari penulis di luar PH, skenario dari penulis-penulis tetap yang sudah punya kontrak pun, banyak yang nasibnya tidak jelas. Lagi-lagi masalah “eye catching”.

Bayangkan saja, ketika seorang produser menerima tumpukan skenario yang bejibun, dia akan bolak-balik dulu. Pilih-pilih. Apa aturan pilihannya? Tidak jelas. Sangat personal. Kadang-kadang dilihat dari penulisnya, kadang judulnya, kadang endingnya, kadang synopsis, kadang list character, dll.

Jadi, point-point yang harus kita siapkan agar skenario “eye catching” di mata produser, adalah sebagai berikut.

1.      Judul yang menarik dan menjual; positif, segmented, sedang trend.
2.      Opening yang sesuai; kalau sedih ya bikin nangis, kalau komedi langsung bikin tertawa, masalah dan pelakunya jelas.
3.      Dialog natural, ada intonasi, ada lagu, ada ritme, sesuai karakter.
4.      Karakter yang unik, ada ciri khusus yang menonjol sejak awal.
5.      Ending yang menggelitik dan surprise.
6.      Skenario memiliki nilai jual dan sesuai dengan haluan PH atau produser.
7.      Penulis memiliki nilai positif dan branding “rating” atau “box office” di mata produser (ini berlaku bagi penulis-penulis yang sudah kontrak tetap di PH tersebut).
8.      Sesuai dengan trend.
9.      Format penulisan sederhana, mudah dibaca. Ini terutama bagi mereka yang tidak menggunakan final draft. Termasuk synopsis dan character list.
10.  Tidak banyak salah ketik. Penggunaan istilah-istilah secara tepat.


Nah, itulah point-point yang membuat skenario “eye catching” di depan produser. Meskipun, pada kenyataannya hubungan baik dan solid antara penulis dan produser ikut berpengaruh, tapi dalam industry semua tetap berbalik pada keuntungan berdasarkan rating dan box office.

Oke, Cendolers; mari kita mulai diskusinya!

= = = = = = = = = =
Ari Kinoysan Wulandari; script editor Multivision Plus, Jakarta, 2003-2007; script writer Soraya Intercine Film, Jakarta, 2007 hingga sekarang. Menulis pedoman praktis “Jadi Penulis Skenario? Gampang Kok!”

 T&J


1.Tia Marty Al-Zahira: bagaimana opening yang menarik?
Ari Kinoysan:‎Tia Marty Al-Zahira; yang sesuai dg jenis cerita, yg menceritakan masalah langsung dn jelas siapa pelaku utamanya.

2.Ayarumy Karisma mbae. kenapa penulis skenario gak se-ngetren tokoh yg dibikinnya yaa? 
gimana komentar Mbak Guru tentang NOVEL Laskar Pelangi yang di-FILM-kan kemudian di-DRAMA-MUSIKAL-kan juga?
:)))Ayarumy Karisma gimana komentar Mbak Guru tentang NOVEL Laskar Pelangi yang di-FILM-kan kemudian di-DRAMA-MUSIKAL-kan juga?
Ari Kinoysan:‎Ayarumy Karisma; krn penulis skenario kerjanya di balik layar. jarang ada penulis skenario yg roadshow; kecuali penulis skenario film dlm rangka promo sblm premier film. 

3.Shinay Konoichi Wa'alaikumsalam,,,, kak,,, aku dah buat skenario film pendek di sekolah... tapi judulnya nggak menarik.. ada saran nggak,,,, judul sekenario aku "PERSAHABATAN INDAH"...klo dialog "ketawa" dalam naskah di tulis seperti apa ya kak...???????
Ari kinoysan:‎Shinay Konoichi; indahnya persahabatan jg bisa. atau spesifik tentang nama tokoh yg terlibat persahabatan.

4.Itnayivon Ikzir contoh penulisan skenario itu bagaimana?
Ari Kinoysan: ‎Itnayivon Ikzir; nanti ada contohnya dn ada latihannya.

6.Shinra Morinozuka Skenario kayak naskah drama gak sih? *gak ngerti*
Ari Kinoysan:bentuk skenario drama dan skenario film/sinetron sama sekali berbeda. krn skenario drama untuk dipentaskan, sedangkan skenario film/sinetron untuk disyuting. konsep penulisan boleh jadi sama, tp format sangat jauh berbeda.

7.Indah Prisilia Joedo Pak Guru mau tanyaaa!!!! (????) #teriak sekenceng2nya# umm... selama ini masih nyoba bikin cerpen dan masih belepotan, hehe.. blm kepikiran bikin skenario, perbedaan antara cerita2 biasa dgn skenario itu dmn ya?? apa cuma dalam cara penulisan aja?? cerpen, cerbung dan lain2 bisa dijadikan skenario??
Ari Kinoysan:kl cerpen, novel, cerita bersambung, novelet itu kemasan akhirnya adalah teks dalam format buku yg dibaca oleh audience (pembaca), tetapi skenario (sebagai bentuk tulisan) hanyalah salah satu bagian dari kinerja sinetron atau film yg bentuk akhirnya adalah audio visual. sebelum jadi tayangan di teve, bioskop, kemasan vcd atau dvd masih byk proses yg mengikutinya.

8.Katty Ket Asokawaty II Pengn kirim skenario ,kira2 bagaimana caranya?dan kemana?
jadi penulisan dialognya tdk sprti penulisan dialog pada drama ya ???Mohon di jawab ya mbak ..
Ari Kinoysan:tentukan dulu jenis skenario yg telah dibuat, kemudian perhatikan produk2 PH yg banyak bersliweran di teve atau bioskop; lalu krmlah ke tempat yang sesuai. kl misalnya skenario remaja, kirimlah ke PH yg memproduksi tayangan remaja. alamat bisa searching di google atau baca lengkap di buku "jadi penulis skenario? gampang kok!" cari tahu dulu siapa yg bertanggung jawab terhadap naskah, baru ajukan kesepakatan pengiriman naskah agar naskah tdk terlantar.Oleh krn itu ketika menyerahkan naskah skenario ke PH hrs jelas contact personnya, tujuannya ke siapa, lacak keberadaannya sampai diterima dn tanyakan sampai kapan difollow up, kl tdk sesuai dg PH silakan ambil kembali. bila dikirim pos, biasanya PH tidak mengembalikan, jd pastikan anda memiliki copinya.

9.Eka Apriyani Mbak nulis skario sm gak kyak nulis cerpen atau novel selain bentukny yg kebanyakan dialog? Mbak Apakah teknik pengambaran latar dan mi2k wajah dalam skenario sangat dominan?
Ari Kinoysan:prinsip materialnya sama, tapi bentuk/formatnya berbeda krn cerpen dan cerita untuk dibaca skenario untuk divisualkan.

10.Andi Taufiq Beristighfar mbak kendala apa yg paling sering di jumpai? bagaiman solusi cpt n jitu nya??
Ari Kinoysan:alhamdulillah tdk ada masalah, masalahnya utamanya kekurangan waktu :)

11.Nimas Aksan mba Ari Kinoysan Wulandari, sekanrio genre apa yang sebaiknya kita kirim sebagai pemula, dan kemana ngirimnya? apakah kita sebaiknya kirim jenis ftv dulu?
Ari Kinoysan:ftv lebih mudah bagi pemula. kl mau cepet dn memiliki hubungan personal yg baik, coba pilihlah PH-PH kecil terlebih dulu, tapi memiliki karakter kuat dn byk produknya. biasanya lbh mudah lolos drpd di PH besar yg sdh punya lusinan penulis

16.Ocuz Wina Syifa mb Ari Kinoysan Wulandari, jika pemeran adalah seorang yang bisu di sekenario tetap di tulis percakapannya untuk dia kan?kalau kita mau mengadopsi skenario dari novel atau cerpen seseorang, cukup ijin dari penulis atau harus ijin juga ke penerbitnya?
Ari Kinoysan:pengalihan segala sesuatu yg bersifat/bertujuan untuk komersial harus menggunakan izin dn perjanjian pihak-pihak yg terlibat di dalamnya krn ada pembagian hasil. misalnya dr buku ke film, biasanya ini berkaitan dg penulis buku, penerbit, ph (produser) dn penulis skenario. tetap tergantung bagaimana perjanjian dn bentuk kerjasamanya.

17.Dyani T. Wardhyni bu guru Ari Kinoysan Wulandari, apakah dalam penulisan skenario kita sebagai penulis juga boleh memilih artis siapa yang memerankannya? adakah hak untuk penulis? terima kasih :)
Ari Kinoysan:boleh kalau sampeyan punya posisi tawar yg kuat di depan produser. sejak jd scriptwriter sy termasuk menentukan artis yg mau memerankan karakter :)

19.Lala Di Batas Maya Mbak Ari,bagaimana teknis cara memvisualisasikan gerak dalam skenario?Ditulis dalam kurung secara detail atau dinarasikan?
Ari Kinoysan: dinarasikan.

20.Ratna Wulandari terus karakter yang unik itu gimana bu guru? termasuk karakter nyeleneh atau nggak biasa ya?
Ari Kinoysan:karakter unik itu karakter yg membedakannya dr karakter-karakter lain. misalnya sj orangnya gagah ganteng rapi banget, sama binatang buas nggak takut, tp dia penakut sama cicak... atau cewek cantik langsung gagap kl ketemu guru... hal-hal kecil yg selain jd kekurangan bs jd kelebihan

24.Karina Sukma Kalau misalnya udah ga kepastian berbulan-bulan boleh gak di kirim PH lain. Terus kalo bikin yang sken sinetron eye catching itu harus memiliki tema yg sama atau yg lagi in? Misal sekarang lg in tentang sinetron berbau religi?
Ari Kinoysan: ditarik dulu dari PH sebelumnya, baru ditawarkan ke PH lain

26.Pilo Poly BasicfunnyCendoler's Saya mungkin mau menanyakan hal paling mendasara !
yaitu, apa Skenario itu ? terimakasih !
Ari kinoysan:skenario adalah skenario untuk film baik yg ditayangkan sbg serial panjang, serial pendek, atau secara lepas di televisi (sinetron), film televisi (ftv), maupun untuk film layar lebar. dalam kaitan materi kelas kali ini kita tdk membahas skenario drama (lakon sandiwara) krn itu bukan bidang garapan di PH





01. EXT/INT. HALAMAN. MOBIL. RUMAH LARISA – MALAM

RUMAH INI BESAR DAN MEGAH, BERLANTAI DUA. HALAMAN RUMAH JUGA LUAS DAN PENUH DENGAN BUNGA. LAMPU HIAS TAMAN DI SETIAP SUDUT TERLIHAT INDAH. ADA SEBUAH KOLAM IKAN DENGAN AIR TERJUN BUATAN DI DINDING GUA BUATAN. SEBUAH MOBIL MEWAH TERPARKIR DI HALAMAN.

TAK LAMA, DARI DALAM KELUAR LARISA DAN KEVIN BERJALAN BERSISIAN MENUJU MOBIL. KEDUANYA MENGENAKAN PAKAIAN PESTA. MEREKA TAMPAK SERASI, TAPI TAK ADA RONA BAHAGIA DI WAJAH LARISA. HANYA KEVIN YANG TAMPAK TERSENYUM.

MIRANDA YANG SUDAH ADA DI HALAMAN ITU MEMPERHATIKAN KEDUANYA DENGAN PANDANGAN HERAN.

MIRANDA
Kevin, Larisa, yang mesra dong! Kalian kan udah tunangan!

KEVIN TERSENYUM PADA MIRANDA, LALU MEMELUK PINGGANG LARISA. LARISA HANYA MENATAP KEVIN DENGAN DIAM DAN TAK MENOLAK. MEREKA TERUS BERJALAN. KINI MEREKA TERLIHAT LEBIH MESRA DAN DEKAT. MIRANDA SENANG. NAMUN JALAN LARISA TERLIHAT BURU-BURU.

MIRANDA
Nah, gitu dong! Kalian emang pasangan yang serasi.
(pada Larisa)
Larisa, jalannya yang lembut! Kamu itu calon bintang!

LARISA
Ya, Tante.

LARISA TERSENYUM TERPAKSA DAN MENGUBAH GAYA JALANNYA SEPERTI SEORANG PUTRI.

LARISA: 18 TAHUN, PANGGILANNYA RISA, HANYA MIRANDA YANG SELALU MEMANGGIL LENGKAP; LARISA, SMU, CANTIK, TIPIKAL PENURUT, TAK MAU RIBUT; TAPI SEBENARNYA KERAS HATI DAN BISA SANGAT TEGAS, HARUS MENURUTI SEMUA ATURAN TANTENYA, MERASA HIDUPNYA SANGAT MENJEMUKAN DAN INGIN KABUR DARI RUMAH.

KEVIN: 18 TAHUN, TUNANGAN LARISA PILIHAN MIRANDA, CAKEP, ORANG TUANYA SAHABAT MIRANDA, SATU SEKOLAH DENGAN LARISA.

NONA MIRANDA: 40-45 TAHUN, BELUM MENIKAH, CANTIK, DANDANAN SELALU CLASSY, AMBISIUS, PENGUSAHA, TERLIHAT JUDES DAN GALAK, TAPI SEBENARNYA BAIK HATI DAN SENSITIF, TANTE LARISA, MENGASUH LARISA SEJAK UMUR 8 TAHUN KARENA ORANG TUA LARISA MENINGGAL KECELAKAAN, INGIN LARISA JADI MODEL, SANGAT MARAH KALAU ADA YANG MEMANGGILNYA ‘NYONYA’ ATAU ‘IBU’.

LARISA DAN KEVIN KINI SUDAH BERADA DI DALAM MOBIL YANG DIKENDARAI SOPIR. LARISA MENATAP KEVIN DENGAN PANDANGAN TAWAR. KEVIN BALAS MENATAP LARISA, SAMBIL TERSENYUM TAPI TANPA BERKATA SEPATAH KATAPUN. MOBIL MELUNCUR PERGI. PINTU GERBANG MEMBUKA SECARA OTOMATIS.

CUT TO:

contoh Opening Komedi:
contoh opening komedi.
01. INT. RUANG TAMU. RUMAH KOS – PAGI
Dodi, Tante Tina, Om Kus

DODI BERSIAP PERGI, MEMBAWA MAP BERISI BEBERAPA SURAT LAMARAN PEKERJAAN. IA MELIHAT KELEBAT TANTE TINA YANG MEMBAWA KEMOCENG. DODI LANGSUNG MEMPERCEPAT LANGKAHNYA.

TANTE TINA
Heh, Dodi!
(mengacung-acungkan kemocengnya)
Jangan kabur kamu! Kalau besok kamu nggak bayar kos, saya usir kamu! Sudah tiga bulan kamu nunggak!!

DODI
Ya, Tante. Pasti saya bayar.

TANTE TINA
Pasti bayar, pasti bayar! Mana buktinya?! Kamu itu PALPIL JAMU, paling-paling janji melulu!
(tegas)
Kapan kamu bayar?

DODI TERUS MEMPERCEPAT LANGKAHNYA. TANTE TINA MENGEJAR. DODI MEMBUKA PINTU PENGHUBUNG DAN MENDORONGNYA KUAT-KUAT.

TANTE TINA
Dodiiii....!

GUBRAAK...
TANTE TINA JATUH TELENTANG KARENA HEMPASAN PINTU. ROL RAMBUTNYA LEPAS, MENGGELINDING KE MANA-MANA. DODI BERLARI KE LUAR.

TANTE TINA
Aduuuh...! Dasar bocah sontoloyo...!
(pause, teriak)
Papaaaa....!

OM KUS (OS)
Yaa... Maaa...

OM KUS DATANG DENGAN LANGKAH BURU-BURU KARENA TAKUT. IA MENGINJAK ROL RAMBUT DAN TERDORONG JATUH MENIMPA TANTE TINA.
TANTE TINA MENDORONG OM KUS, LALU BERDIRI BERKACAK PINGGANG.

TANTE TINA
Suami kurang ajar! Bukannya bantuin, malah nyelakain! Mau bikin mama mati ya?

OM KUS
En... nggak Ma...

TANTE TINA
Mana susu cokelat mama?

OM KUS
Iya... Ma... papa buatin.

OM KUS BANGKIT MENINGGALKAN TANTE TINA SAMBIL MEMEGANGI BOTAK KEPALANYA. TERLIHAT BIBIRNYA BERGERAK-GERAK MENIRUKAN PERKATAAN TANTE TINA.

CUT TO:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar