Laman

Sabtu, 10 Maret 2012

CENDOL, 14 DESEMBER 2011



MENGAPA HARUS IKUT LOMBA CERPEN dan CERPEN YANG BERPELUANG JADI JUARA.

Oleh: DAN

Dear Cendolers....
Lomba Cerpen yang diadakan oleh Story dan Grup Cendol saat ini emang jadi hot issue di kalangan kita. Ngaku aja, banyak diantara kalian udah mulai senewen, gemes dan deg-deg plas ... harus ikut!
Apa sih untungnnya ikut lomba? Apa perlunya? Kans apa yang kita miliki selain meraih juara dan meraup hadiahnya? Yes!! Ada banyak hal positif di luar urusan jadi juara dan dapetin hadiah. Apakah itu?

(Ssssttt.... ada suatu masa ketika saya bertubi-tubi menjuarai lomba menulis cerpen. Lalu ada masanya pula saya jadi ketakutan, takut kalo gak menang. Hahaha ...)

Kali ini saya rela berbagi pengalaman saya seputar urusan ikut lomba dan menulis cerpen yang berpeluang besar untuk menjadi juara. Seperti biasa, saya masih gak bisa berteori-teori dan meyakinkan kalian dengan kutipan-kutipan (yang saya sendiri meragukan kebenarannya). Silahkan bertanya apa saja dan saya akan menjawab berdasarkan pengalaman saya pribadi. Saya gak berani muluk-muluk mengatakan bahwa tips atau jurus-jurus saya hebat, hanya saja belasan predikat juara menulis cerpen yang saya miliki mungkin bisa memotivasi kalian.

Buat yang mau ikut lomba di Story atau pun lomba-lomba cerpen yang lain ....
Silahkan ......
Buat yang punya pengalaman jadi juara lomba, boleh berbagi pengalaman juga .....

*Kelas yang nyaman, sambil menikmati lagu pengiring PYRAMID SONG (Radiohead)



T&J

Si Jadoel: Hm, bagaimana ciri-ciri cerpen yang layak untuk diikut-lombakan?
Pak DAN:Sebenarnya tidak perlu ciri-ciri khusus. Tulisan sih standar aja (tapi perlu memperhatikan barangkali panitia lomba mensyaratkan sesuatu yang khusus). Yang berbeda pastilah kontens-nya. Karena setiap lomba menentukan jenis/tema tertentu. Nanti rasa penasaranmu akan terjawab ... Sabar....

Eka Apriyani Pak saya punya kesulitan memulai kalimat awa / alinea pertamal. biasanya kalo udah 1 ketemu alinea pertama saya akan lebih mudah menyambungnya. apa ada trik/ tips khusus untuk menentukan alinea awal agar bisa menarik pembaca untuk terus membaca tulisan kita.
Pak DAN:saya sarankan untuk tidak terbebani dengan kalimat awal harus bagus. Untungnnya cerpen lomba, cerpen akan menerima perhatian lebih dan dibaca utuh. Kalo toh awalmu ga bagus, usahakan kamu menulisnya dengan benar. Tidak menyalahi kaidah dan tidak menampilkan kesalahan fatal semisal EYD yang ancur.

Rara Windarto Jurus biar menang apa om??
Pak DAN:kamu perlu menyimak seluruh thread, karena kalo saya jawab, maka yang lain sudah tak perlu. pelan-pelan aja yaaa... *nyruput cendol nangka*

Princess Shakilaraya bagaimana cara untuk memikat dewan juri dalam penilaian karya kita, om?
Pak DAN:hanya bisa dengan karya terbaikmu yang sesuai dengan kehendak penyelenggara lomba, selebihnya tidak. karena biasanya juri tidak mengenal siapa penulis cerpen yang tengah dinilainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar