Laman

Jumat, 05 Juni 2015

Berdakwah dengan Kocak

Document Pribadi
Judul Buku: 3 Koplak Mengejar Cinta
Penulis: Haris Firmansyah
Penerbit: Wahyu Qolbu
Tahun: 2015
ISBN: 979-795-946-5
Blurb

Kalo demi ngedapetin cewek, elo ditantang suruh kerja nyikatin gigi buaya tiap hari, mau nggak?? Orang normal pasti bilang, “TIDAAAK!!” Tapi buat 3 KOPLAK, jawabannya, “KENAPA TIDAAAK??” Yang penting bisa melepas status JOMBLO AKUT yang melekat pada mereka.

Tiga sahabat: Ardan, Ibam, dan Pasai sedang dalam misi mencari cinta sejati. Ardan: lebay dan labil, Ibam: pemuda ber-IQ jongkok dan over pede dan Pasai: SANG PENCERAH JALAN KESESATAN. Ketiganya bersaing ngelepas status jomblo. Celakanya, mereka mengincar cewek yang SAMA. Hadeuuh… *Nepuk jidat!!

Belum beres masalah persaingan cinta, eh datang masalah baru. Mereka punya wali kelas baru yang STRICT dan udah bikin daftar siswa “BANDEL” yang terancam bakal nggak naik kelas. Lalu, gimana nasib 3 Koplak selanjutnya? Gimana dengan persahabatan mereka? Apakah mereka akan naik kelas? Gimana pula dengan masa depan kejombloan mereka? Buruan baca deh!!
“Haris pandai dalam mengemas komedi yang ringan, lincah, dan cerdas mengombinasikan joke plesetan dan slapstick sampai pembaca gemas, penasaran. Penggemar novel komedi kudu baca ini.” (CEKO SPY: penulis serial Miss Lebay & script editor di TransTV)


“Gue suka dengan cara dakwah yang fun dan fresh seperti isi novel ini.” (Wenda Koiman: penulis Mengejar Malam Pertama, Curahan Hati Sang SPG, dan Ajari Aku Mendapatkan Mantanmu).

Document Pribadi



Review

Salah satu cara agar bisa menjadi lebih baik adalah dengan membaca buku-buku yang baik pula. Khususnya tentang hal-hal yang bersifat religius. Tetapi masalahnya kebanyakan anak muda pasti sudah malas duluan untuk membaca buku-buku religi yang isinya berupa 'ceramah' yang seolah 'sotoy' (baca: menggurui) dan membosankan. Nah, bisa jadi hal inilah yang dialami oleh penulis dan menjadi alasan mengapa ia memilih jalan berdakwah dengan menulis buku religi yang  koplak eh kocak ding .

Meski judul novel ini  ada kata 'cinta'-nya tapi isinya bukan hanya tentang cinta-cintaan saja. Ada terselip kisah inspiratif bagaimana perjuangan seorang guru sekaligus walikelas (Pak Nuh) dalam mengubah murid-muridnya yang bandel dengan cara yang unik. Yakni dengan mencontoh cara kerja malaikat yang bertugas mencatat kebaikan dan keburukan manusia.

3 Koplak Mengejar Cinta yang termasuk novel teenlit ini jika diibaratkan camilan adalah camilan yang gurih dan bergizi, yang bisa dikonsumsi segala usia. Bahasanya sederhana, tidak membuat pembacanya mengerutkan kening sedikit pun. Meski sesekali pembaca dipaksa untuk mengangguk-angguk tanpa sadar dan menangis haru sekaligus tertawa geli karena kelucuan yang terbaca.

Novel yang cukup dramatik ini meski bercerita dari sudut POV1 (Ardhan), semua kharakter tokohnya cukup kuat penggambarannya. Hanya sayangnya jika mengacu pada judul yang menyebut '3 Koplak' akan ditemukan celah hilangnya keberadaan satu tokoh ceritanya; Pasai. Dalam plot yang cukup panjang dan berliku, Pasai terkesan kurang dilibatkan di dalamnya. Hanya seperti figuran yang numpang nama saja. Kasihan Si Pasai eh?

Meski terlahir di tengah maraknya novel-novel islami dan buku-buku islami lainnya yang berjajar di toko-toko buku pun yang kemudian di-film-kan, 3KMC termasuk senjata dakwah terbaru dengan sasaran bidik utama para remaja. Yang pastinya jleb banget, apalagi kalau sampai di-film-kan.
Good job and proud of you, Pangee!
HK, Juni 2015

4 komentar: