Laman

Rabu, 10 Juni 2015

Gaifong, Aplikasi Bertetangga Untuk Membangun 'Smart City'

dari Goole

Kehadiran dan makin maraknya berbagai macam aplikasi sosial yang bisa diakses dengan mudah dan dimanfaatkan sesuai fungsinya sudah menjadi hal penting bagi setiap orang.

Bahkan bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan umum karena di mana pun orang-orang berada untuk saat ini memerlukan penggunaan layanan data dalam aktivitas sehari-harinya. Jika awalnya penggunaan media sosial hanya sebagai sarana komunikasi dan refreshing sekarang aplikasi sosial sudah menjadi sarana jual beli dari lagu, tiket film, baju, barang-barang elektronik sampai dengan rumah dan lain sebagainya yang sanggup memupuk subur sifat konsumerisme masyarakat. 

Berbagai macam fitur dan fungsi dalam aplikasi sosial sebagai sarana yang bisa memicu sifat konsumerisme serta makin menipisnya ruang kosong untuk menyimpan barang dan menumbuhkan sifat sosial untuk berbagi dalam masyarakat di negeri Andi Lau inilah yang menjadi salah satu sebab Elliot dan kawan-kawannya menciptakan sebuah aplikasi yang diberi nama: Gaifong. Gaifong dalam bahasa Cantonis berarti 'tetangga'.

Aplikasi Gaifong hampir serupa dengan aplikasi sosial lainnya yng dilengkapi dengan fungsi GPS untuk mencari tempat atau untuk menemukan item yang dibutuhkan penggunanya. Hanya bedanya dengan aplikasi lainnya, fungsi dari Gaifong ini adalah khusus untuk sarana pinjam meminjam dan sewa barang dari lingkungan terdekat, semacam kehidupan bertetangga di Indonesia. Jenis atau kategori barang-barang yang dipinjamkan pun beragam dari buku-buku, kaset CD/ DVD, baju sampai barang elektronik. Dari yang gratis sampai yang berbayar.



Doc Pribadi


Caranya pun cukup mudah, pengguna yang sudah memiliki aplikasi Gaifong yang bisa didownload gratis via Geogle Play S, kemudian bisa langsung login dengan akun Fb dan memasukkan alamat wilayah domisilinya kemudian search untuk menemukan tempat terdekat untuk barang yang dicari dan bisa mengajukan permintaan untuk meminjam/ menyewa dengan mengirimkan permintaan langsung kepada pemiliknya (pemilik akun di Gaifong yang sudah mengupload gambar barang yang akan dipinjamkan/disewakan) kemudian menunggu jawaban yang akan dikirim melalui pesan bersama rincian kesepakatan dan lain-lainnya (misal: mau ketemuan di mana?). 

Jadi Gaifong sebenarnya hampir sama dengan tweeter dan instagram serta aplikasi sosial lainnya yang berfungsi untuk membangun jaringan sekaligus rasa komunitas di Hong Kong. Meskipun Hong Kong adalah tempat yang sangat kecil, masih ada jarak yang membentang rasa kebersamaan antar warganya. Gaifong membantu penggunanya agar merasa lebih terhubung dengan masyarakat di sekitar mereka. Hanya sayangnya bahasanya baru terbatas pada Bahasa Inggris dan Cantonis. Jadi untuk minoritas Indonesia yang tidak menguasai dengan baik bahasa tulis kedua bahasa tersebut tentunya kurang bisa maksimal menggunakannya.

Menurut Elliott, CEO Gaifong, aplikasinya ini ia rancang pada akhir 2014 dan baru resmi diluncurkan pada bulan Maret 2015. "Kami berharap melalui teknologi informasi, aplikasi yang kami luncurkan bisa untuk membuat masyarakat lebih efisien dalam penggunaan sumber daya yang terbatas. Dan bersama-sama menjadikan Hongkong sebagai smart city."

Saya mengetahui tentang Gaifong ini ketika mengikuti workshop potografi (Minggu, 7/6)dan bertemu Elliot yang saat itu diundang panitia workshop untuk membantu mereka mendapatkan pinjaman kamera untuk peserta workshop yang belum memiliki kamera sendiri. Hal ini surprise bagi saya, apalagi ketika tahu bahkan ada kamera DSLR yang disewakan gratis setelah tahu kamera-kamera tersebut akan digunakan untuk kepentingan belajar potografi gratis yang diadakan We Care.

Pribadi

HK, Juni 2015

1 komentar:

  1. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
    penjual es kuter kelilin tiap hari. pendapatannya tidak seberapa dan.
    tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya. suatu hari saya dapat.
    informasi dari teman bahwa MBAH SUJARWO bisa membantu melalui pesugihan dana gaib.
    akhirnya saya bergabung sama beliau dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti .
    saya sangat berterimakasih banyak kpd MBAH SUJARWO.atas bantuan MBAH saya sekarang.
    sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
    usaha matrial dan butik pakaian muslim.
    Jika anda mau buktikan
    silahkan bergabung sama Mbah Sujarwo
    Di:http://sitogelsgp.blogspot.com Atau siapa tau mau di bantu jg melalui pesugihan dana gaib silakang klik di: https://pesugihanparanormal.wordpress.com atau tlp di nmr:0823-2424-4298
    Saya sudah buktikan dan alhamdulillah kehidupan saya sekarang sudah jauh lebih baik dari sebelumnya....!!!

    BalasHapus