Laman

Selasa, 02 Juni 2015

Obat Asma itu Bekicot Bakar

Sewaktu masih kecil saya pernah punya musuh yang jahat bernama 'Asma'. Saking jahatnya, Si Asma rajin banget membuat saya mengi (batuk dan sesak napas diiringi suara mencuit-cuit atau kata kerennya disebut sebagai wheezing). Dan tentunya kalau sudah begitu saya jadi tidak bisa tidur nyenyak. Hiks padahal apa dosa saya coba?  Saya kan hanya sedikit kecapekan dan sedikit melanggar pantangan dengan minum sedikit es saja.  Sedikit, sungguh!  Tapi efeknya ya gitu deh jadi bikin repot keluarga dan saya kena omelan juga.
Si Asma yang ternyata adalah jenis penyakit menahun/kronis, menurut ilmu kedokteran modern tidak bisa disembuhkan dan hanya gejalanya saja yang bisa dikurangi. Menakutkan bukan?  Karenanya segala upaya pengobatan dari ke dokter sampai pengobatan tradisional dilakukan keluarga untuk saya. Iya saya yang tidak sengaja bermusuhan sama Asma. PLAK!
Untuk tahu lebih banyak tentang Asma, kamu bisa mencari info dari buku tentang kesehatan atau tanya-tanya ke rumah Mbah Geogle yang serba tahu. Karena di sini saya hanya akan membahas 'obat ajaib', yang kalau tidak bisa dibilang menyembuhkan total setidaknya sudah meredakan gejala asma saya dengan total. Obat ajaib tersebut bernama: Bekicot Bakar.

Bekicot (achatina fulica) atau siput darat biasanya bisa ditemukan di kebun-kebun atau di sawah yang banyak dedaunan. Setelah diolah rasa daging Bekicot sama enaknya dengan makanan hasil olahan siput jenis lainnya. Bekicot di Indonesia memiliki nama yang berbeda-beda di tiap daerah, misalnya saja di daerah saya,Jember, Bekicot biasa disebut Kingkeng.
Saya tidak tahu bagaimana almarhum nenek saya bisa berkeyakinan jika Bekicot bisa menyembuhkan sakit asma. Yang saya tahu dan ingat adalah nenek saya sering memberikan bekicot bakar pada saya dengan kalimat pengantar 'ini makanlah, untuk obat agar mengimu nggak kumat". Alhamdulillah, atas ijabah-Nya berangsur-angsur saya benar-benar terbebas dari ancaman Si Asma.
Bekicot Bakar yang sering saya konsumsi (hampir tiap hari selama beberapa bulan) dulu alami tanpa olahan atau bumbu. Nenek atau kadang saya sendiri mencari dan menangkap beberapa bekicot kemudian tanpa dicuci atau dibersihkan langsung dimasukkan pada mulut tungku kayu bakar yang apinya sedang menyala, diselipkan di antara abu. Setelah beberapa menit, sekira daging bekicot sudah matang, bekicot dikeluarkan dan dibersihkan dari arang cangkang serta kotorannya yang masih menempel. Kemudian setelah dibersihkan, langsung dimakan begitu saja. Awalnya jika belum terbiasa akan terasa banget rasa abunya hihihi tapi jika sudah terbiasa rasanya menjadi pahit-pahit gurih,  enak gitu.
Sampai saat ini saya masih terpikirkan satu pertanyaan: apakah benar atau salah kalau saya menduga abu kayu yang menempel pada daging bekicot yang terbakar itu pun sebenarnya merupakan obat? Sebagaimana guna bubuk arang aktif yang bisa menetralisir racun dalam tubuh. Entahlah, sepertinya saya butuh penelitian lebih lanjut untuk menjawab pertanyaan saya sendiri.
Selain dengan cara dibakar seperti di atas, kadang jika Bekicot yang kami dapatkan dari berburu di pekarangan belakang  rumah cukup banyak, maka nenek saya juga mengolahnya dengan menjadikannya bekicot sambal goreng atau bekicot goreng.
Caranya sebagai berikut.
Pertama-tama, Bekicot dipecah dan di pisahkan antara isi dan cangkang. Kemudian isinya ditaburi abu dapur secukupnya, diremas-remas untuk membuang lendir yang ada pada bekicot serta memisahkan antara bagian kepala dan ekor (yang berisi kotoran bekicot). Setelah lendir menempel dan menggumpal pada abu lalu dibersihkan, dicuci dengan air.
Setelah bersih, daging bekicot boleh dipotong-potong atau dibiarkan utuh lalu diberi bumbu sesuai selera (misal: garam, merica, mecin, kunyit). Daging Bekicot berbumbu bisa langsung digoreng atau ditusuk dulu lalu dipanggang serta dibumbui seperti sate dan lain-lainnya.
Terlepas dari ribut-ribut hukum haram dan halal-nya daging bekicot, saya percaya bahwa semua yang Allah ciptakan di dunia ini ada manfaatnya, termasuk juga bekicot. Bekicot menjadi perantara penyembuh sakit asma saya dan yang menyembuhkan saya tiada lain adalah kuasa-Nya. Alhamdulillah ^^
HK, 2 Juni 2015

2 komentar:

  1. terimakasih atas infonya..semoga bermanfaat bagi saya khususnya anak saya punya asma;

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
      penjual es kuter kelilin tiap hari. pendapatannya tidak seberapa dan.
      tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya. suatu hari saya dapat.
      informasi dari teman bahwa MBAH SUJARWO bisa membantu melalui pesugihan dana gaib.
      akhirnya saya bergabung sama beliau dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti .
      saya sangat berterimakasih banyak kpd MBAH SUJARWO.atas bantuan MBAH saya sekarang.
      sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
      usaha matrial dan butik pakaian muslim.
      Jika anda mau buktikan
      silahkan bergabung sama Mbah Sujarwo
      Di:http://sitogelsgp.blogspot.com Atau siapa tau mau di bantu jg melalui pesugihan dana gaib silakang klik di: https://pesugihanparanormal.wordpress.com atau tlp di nmr:0823-2424-4298
      Saya sudah buktikan dan alhamdulillah kehidupan saya sekarang sudah jauh lebih baik dari sebelumnya....!!!

      Hapus