Laman

Rabu, 27 Januari 2016

Lika-liku Seputar Masalah Paspor Palsu BMI (3)

Tulisan ini sambungan dari tulisan sebelumnya yang bisa dibaca di
http://thejourneyofpurple.blogspot.hk/2016/01/lika-liku-seputar-masalah-paspor-palsu.html dan
http://thejourneyofpurple.blogspot.hk/2016/01/lika-liku-seputar-masalah-paspor-palsu_26.html

Terkait masalah pemalsuan data paspor selain peraturan negeri asalnya, BMI juga harus memahami atau minimal mengetahui info peraturan yang berlaku di negara penempatan.
Untuk BMI HK, masalah pemalsuan data diri (yang tertera pada dokumen) baik itu atas kesengajaan atau tidak (dilakukan oleh diri sendiri atau oleh pihak lain) termasuk ke dalam jenis tindakan kriminal dan bisa dijerat hukuman sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan dan diberlakukan oleh pemerintah HK yang belum mengadopsi hukum 'human trafficking'.

Saya sendiri ketika menuliskan catatan ini masih belum mendapatkan kejelasan bagaimana awalnya bisa beredar kabar jika BMI Hong Kong bisa melakukan perbaikan data paspor di KJRI HK. Bahkan menurut info yang saya dapatkan awal mula adanya perbaikan data paspor (pemutihan data) ini atas anjuran KJRI. Saya tidak berani memastikan kebenarannya meski juga tidak meragukan kesaksian teman-teman (konselor dan orang-orang yang sempat terlibat masalah ketika melakukan usaha perbaikan data paspor) yang menjadi narasumber saya. Seperti biasa, keputusan atau peraturan yang dibuat pemerintah (dalam hal ini KJRI HK) kerap tidak jelas informasinya ke akar rumput yang notabene menjadi pihak yang mesti menjalankan keputusan atau peraturan yang ada.

Terlepas dari semua (kegalauan) di atas saya berharap tulisan ini bisa memberi informasi lebih bagi teman-teman yang sempat membacanya.

Cara Perbaikan Data Paspor BMI di Hong Kong

Langkah-langkah yang mesti dilakukan dalam proses pengubahan data paspor BMI di Hongkong hampir sama dengan di Indonesia. Hanya bedanya di HK, proses selanjutnya akan melibatkan pihak Imigrasi HK karena sebagai migran secara otomatis BMI juga berhubungan dan terikat serta berurusan langsung dengan pendataan dan peraturan pemerintah di negeri penempatan.

Jadi sebelum mengajukan permohonan pengubahan data paspor selain mesti menyiapkan bukti data diri (paspor lama, KK, AK, Ijazah dan Surat Nikah bagi yang sudah menikah) juga harus benar-benar memahami semua prosedur serta siap menerima resiko dan konsekuensinya. Resikonya selain sejumlah biaya, dalam hal ini juga butuh waktu dan kesabaran karena lama prosesnya yang tidak bisa dipastikan. Setiap kasus berbeda cara dan kelancaran waktu dalam penyelesainya.

1) Ketika kamu membawa paspor lama untuk renew paspor di KJRI HK. Jika kamu dianjurkan untuk memperbaiki data paspor yang ditengarahi bermasalah, kamu akan di-interview oleh bagian Wasdakim untuk mengetahui kronologi kasusmu.

Ketika pengajuan pengubahan data paspor baru di KJRI diterima atau sudah mendapatkan persetujuan, kamu akan mendapatkan endorsement dan secara otomatis harus mulai berurusan dengan pihak imigrasi HK.

Ketika kamu ke Imigrasi HK, mereka akan menerima dan menindaklanjuti laporan kamu dan melakukan pemeriksaan lanjutan, pemeriksaan ini tergantung kebutuhan mereka. Bisa jadi penyelidikan akan sampai ke rumah majikan. Jadi pastikan juga masalah ini tidak akan mengganggu hubungan kerja antara kamu dan majikan.

2) Di kantor Imigrasi HK, kamu akan di-interview. Dari hasil interview tersebut akan disimpulkan kondisi masalahmu. Hasil investigasi, pemeriksaan atau penyelidikan pihak Imigrasi ini yang akan menentukan perlu tidaknya kamu harus ke pengadilan.

Ketika pada akhirnya kamu dinyatakan lolos atau bebas dari dakwaan pemalsuan dokumen secara sengaja dan data baru kamu diterima, maka secara otomatis kontrak kerja dan visa kamu pun berakhir. Hal ini dikarenakan data pada kontrak kerja yang lama sudah tidak berlaku. Dan kamu harus memulai proses dari awal dengan mengajukan permohonan pembaruan Hong Kong Identitas Card (HKID) ke Imigrasi dan melakukan sesuai prosedur terkait yang sudah ditentukan pihak Imigrasi HK.

Setelah mendapatkan HKID baru selanjutnya boleh melakukan proses kontrak kerja baru dengan majikan guna mendapatkan visa kerja baru. Jadi bagi kamu yang berniat mengubah data paspor dikarenakan sangat butuh atau hanya atas anjuran KJRI, yang terpenting sebelum mengambil atau memutuskan pastikan kamu sudah memahami peraturan yang berlaku dan menganalisa kondisi masalahmu secara jujur. Sebab sampai sejauh ini kegagalan yang terjadi dikarenakan BMI yang mengajukan permohonan pengubahan data paspor sedari awal (ketika interview) tidak jujur dalam menceritakan latar belakang pemalsuan paspor yang dimilikinya atau malah berubah-ubah ceritanya (inkonsisten). Misalnya sebenarnya paspor lama digunakan sebagai jaminan hutang bank tapi malah mengaku hilang dan sebagainya. Alhasil ketika sampai di persidangan atau masih dalam proses pemeriksaan ketahuan sedang berbohong, resikonya adalah langsung ditangkap, dipenjara dan diblacklist.

Catatan: penjara dan blacklist ini oleh pemerinta Hongkong bukan KJRI HK.

Untuk perkiraan rentang waktu dari semua proses di atas bisa 3 bulan, 6 bulan, bisa juga sampai setahun atau lebih.

Perlu kamu ketahui jika kamu berhasil mengubah data paspor di Hong Kong, meski prosesnya mungkin memang ribet, keuntungannya suatu waktu kamu tidak akan bermasalah untuk keluar atau masuk HK kembali. Baik untuk urusan kerja ataupun sekadar jalan-jalan. Tetapi jika kamu (BMI yang pernah masuk atau bekerja di HK) mengubah data paspor kamu di Indonesia, berarti kamu harus siap untuk melupakan HK (tidak pernah kembali atau mencoba memasuki HK lagi) karena ketika pengechekan data di Imigrasi HK kamu bisa terjerat tuduhan pemalsuan dokumen dan ditolak atau dideportasi.

Bagaimana Sebenarnya Peran KJRI HK?

Seperti apa yang sudah saya singgung di atas, ada beberapa pengakuan dari BMI yang pernah tersandung kasus sehubungan perbaikan data paspornya bahwa awalnya perbaikan data bukan atas inisiatif mereka pribadi tapi atas anjuran KJRI (petugas di loket pelayanan pembuatan paspor). Petugas pembuatan paspor meminta data asli yang bersangkutan tanpa menjelaskan bahwa akan ada resiko yang mesti ditanggung BMI jika berusaha memperbaiki atau mengubah data paspornya (yang ditengarahi ada kesalahan) di Hong Kong.

Beberapa waktu lalu beredar kabar sehubungan paspor palsu ini, ada beberapa BMI yang sudah berhasil mengubah data tapi ada juga yang terpaksa mendekam di penjara menunggu proses pemulangan. Kabar ini sempat mendapatkan reaksi dari beberapa organisasi progressif yang melalui perwakilannya menanyakan kepada Konsul Imigrasi atas dasar apa (peraturan dan undang-undangnya) KJRI HK meminta BMI melakukan perbaikan data (pemutihan) paspor dan seberapa sanggup KJRI menjamin keselamatan juga melakukan pendampingan BMI ketika pada akhirnya harus berhadapan dengan Imigrasi dan hukum di HK.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut selanjutnya KJRI HK yang entah awalnya memang khilaf atau lupa tentang resiko tersebut yang semestinya diberitahukan kepada BMI sebagai hak akses informasi, kemudian mengubah anjurannya kepada BMI yang ditemukan memiliki kesalahan data paspor (ketika pemeriksaan data saat renew paspor) agar memperbaiki data paspornya di Indonesia.
Jadi sebenarnya dalam hal perbaikan data (pemutihan) paspor ini, andai pun benar sudah ada pengumuman peraturan resmi dari pemerintah Indonesia, peran KJRI HK sendiri lebih kepada pemberi endors (surat keterangan atau surat pengantar), pendampingan serta pemberi jaminan atau bantuan hukum jika dibutuhkan. Selebihnya semua ada pada masing-masing BMI sendiri untuk berusaha dan menjalani prosesnya yang tidak mungkin bisa sekali jadi.

2 Kasus Sebagai Contoh Perbandingan

Sudah ada beberapa kasus sehubungan perbaikan data paspor palsu BMI HK, dua contohnya seperti yang terjadi pada dua orang BMI yang sama-sama memperbaiki data paspornya atas anjuran dari KJRI HK (bukan atas inisiatif sendiri). Sebut saja nama keduanya Si A dan Si B.

1. Si A datang ke KJRI HK dalam rangka memperbarui paspornya yang kemudian ditengarahi menggunakan data palsu. KJRI HK menganjurkan Si A untuk kembali ke KJRI dengan membawa bukti data yang asli. Kemudian Si A atas endors dan pendampingan langsung Bp. Andry sebagai Konsul Imigrasi KJRI HK, menjalani proses pemutihan data paspor. Seperti langkah-langkah yang telah saya sebutkan di atas. Alhamdulillah Si A berhasil.

2. Si B datang ke KJRI HK dalam rangka memperbarui paspornya yang kemudian ditengarahi menggunakan data palsu. KJRI HK menganjurkan Si B untuk kembali ke KJRI dengan membawa bukti data yang asli. Si B ditangani oleh petugas lainnya di loket imigrasi (buka Konsul Imigrasi KJRI seperti Si A). Si B kurang mendapatkan pendampingan, prosesnya berbelit-belit dan menurut pengakuan Si B malah endors yang ia dapatkan dari KJRI HK yang pada akhirnya memberatkannya dan membuatnya dijebloskan ke penjara oleh Imigrasi HK.

Kesimpulan

Dari dua kasus yang menjadi contoh perbandingan di atas, nampaknya ada yang perlu digarisbawahi menjadi pertanyaan yang semoga bisa ditemukan jawabannya; Mengapa bisa terjadi diskriminasi pelayanan pendampingan terhadap kasus BMI yang bisa dibilang serupa? Apakah ini menunjukkan perlunya perbaikan pelayanan di KJRI HK? Sebenarnya pemalsuan data paspor BMI salah siapa?
Ada yang ingin menambahkan pertanyaan atau menjawab pertanyaan saya? Silakan.

HK, Musim Dingin 2016

11 komentar:

  1. pertanyaan nya patokan dari mana data Pemutihan itu yg utama

    BalasHapus
  2. pertanyaan nya patokan dari mana data Pemutihan itu yg utama

    BalasHapus
  3. apakah bisa saya pernah punya paspor dengan data yang sangat berbeda karna kebodohan saya percaya pada kenalan saya dan calo akhirnya paspor saya di buat dengan bukan data saya hanya foto, sidik jari, dan retina mata saja yg asli..
    ingin memperbarui paspor tapi saya masih bingung dan takut

    BalasHapus
  4. apakah di indonesia Ada pemutihan data? saya ingin membuat paspor dengan data data asli dan benar :(

    BalasHapus
  5. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...






    BalasHapus
  6. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu...
    Mohon maaf bilah kedatangan saya mengganggu. Perkenalkan nama saya Widia Ningrum asal magelang seorang mantan PRT duluh kerja di kota malaka malaysia selama 8 tahun lamanya. Singkat cerita..saya sangat berterima kasih kpd MBAH KARTABAYA atas bantuan beliau melalui pemasangan nomer togel 6D Nya alhamdulillah saya menang RM,257.000 uang indo kurang lebih 770 juta. saya tidak menyangka kalau saya bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH KARTABAYA, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya rumah dan usaha sendiri itu semua atas bantuan beliau. Saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyakNya orang yg saya telpon dari google untuk minta bantuanNya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang saya tambah banyak. Beliau juga bisa membantu melalui pesugihan uang gaib tanpa tumbal, Pelet, Pelaris, Nomer togel 4D/5D/6D.. Bagi anda yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah hubungi MBAH KARTABAYA di nomer 085280923347 / +6285280923347 Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah dan muda2han anda cocok dan beliau bisa membantu anda seperti saya. Sekian dan terima kasih atas tumpangannya semoga dengan adaNya pesan singkat ini semua bisa merubah nasib...





    Wassalam...




    BalasHapus
  7. Terima kasih banyak kepada teman saya yang di Singapura ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses saya baca. Saya bisa kenal nama nya Mbah Suroto. saya tidak tau apa ini secara kebetulan saja. Tapi yang jelas saya berani sumpah demi alloh kalau saya tidak menikmati hasil nya bantuan dari mbah.

    waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di Saudi Arabia hanya jeritan batin saya alami. Berkat bantuan beliau melalui Pesugihan Dana Gaib nya ini alhamdulillah sekarang kehidupan saya jauh lebih baik dari sebelumnya.

    Tergantung keyakinan dan kepercayaan saja. Banyak pilihan di berikan yaitu Dana Hibah, penglaris usaha dagan, dana gaib, anka gaib togel 3D,4D,5D,6D jampi pelet, ingin cepat dapat pekerjaan, dll....

    Kini saya berbagi pengalaman saja sudah saya rasakan dan buktikan sampai sekarang. Atau mungkin ada teman mau hubungi langsung beliau ini nomer WhatsApp nya 0822 9127 7145 Semoga bermanfaat. aminn...

    Info lebih jelas nya buka saja situs beliau di sini https://pesugihanputihislamia.blogspot.com.

    BalasHapus
  8. Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau ada ke bohongan sy sama sekali. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang sy takut hubungi nomer trsebut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan dana hibah maupun melalui anka nomer togel. Setelah sy telpon melalui whatsApp untuk dengar arahan nya. bukan jg larangan agama atau jalan sesat. Tergantung dari keyakinan dan kepercayaan saja. Syukur Alhamdulillah melalui bantuan beliau benar2 sudah terbukti sekarang. Amin...

    BalasHapus
  9. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu..
    Izinkan saya berbagi cerita disini siapa tahu bisa bermanfaat. Perkenalkan nama saya fajar fauzan dari surabaya saya hadir disini semata-mata hanya ingin berbagi cerita sukses saya melalui adanya uang gaib/bank gaib karena sekarang sudah banyak penipuan yang mengaku bisa membantu melalui pesugihan uang gaib tanpa tumbal tapi hasilnya nol. Saya sangat berterima kasih banyak kepada bpk H. Abdul cahyono yang sudah membantu saya melalui bantuan uang gaib sehingga hidup saya sangat jauh lebih baik dari sebelumnya, padahal awalnya saya cuma buka internet mencari lowongan kerja keluar negri kok ketemu situs beliau, saya baca semua isi situs tersebut dan saya langsung telepon beliau akhirnya saya bergabung, singkat cerita selama 3 hari saya menunggu saya dapat telepon dari beliau untuk cek dananya saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebanyak 3 milyar lebih dan alhamdulillah sekarang saya sudah buka usaha di kampung, udah gak ada niat mau kerja ke luar negri.. Saya informasikan kpd anda yang ingin seperti saya butuh bantuan bpk H. Abdul cahyono silahkan kunjungi situs beliau di http://uanggaibasliinstan.blogspot.com atau langsung hubungi di nomer +6285213737273 / whatsapp 085213737273 saya cuma kasih solusi barang kali bisa mengikuti jejak saya. Terima kasih...



    BalasHapus