Laman

Selasa, 02 Februari 2016

22 Buku Yang Wajib Dibaca di Tahun 2016

"Bibi, Pipit menantang Bibi untuk merekomendasikan 22 buku yang harus Pipit baca tahun 2016 ini beserta alasan kenapa harus baca buku tersebut. Harus pas 22 judul, tidak boleh kurang atau lebih." 

Begitulah permintaan Mpit, keponakan keren nun jauh di sana, yang membuat saya berpikir dan mencoba untuk merekomendasikan judul buku berdasarkan alasan yang bisa dibilang subyektif. Saya memang kerap memilih atau menyukai buku bukan karena penilaian sastra atau hal njlimet lainnya yang masih jauh dari kuasa saya. Saya malah cenderung menitikberatkan penilaian bacaan pada kedekatan saya terhadap apa yang (pernah) saya baca dan apa pengaruhnya terhadap cara pandang dan pemikiran serta apalah-apalah yang berkaitan dengan kehidupan saya. 

Dan 22 judul buku berikut ini sepertinya patut saya rekomendasikan untuk dibaca Mpit (dan siapapun kamu yang sempat membaca catatan saya ini) agar bisa sedikit membantu untuk menjaga kewarasan di tengah-tengah maraknya isu-isu dan berita dunia (yang katanya) nyata (yang bisa dibaca via daring, teve, media abal-abal dan media-media cetak) yang semakin menggila. Setidaknya saya percaya bahwa bacaan yang bisa menjaga keseimbangan pemikiran agar tidak terlalu 'ngehek' memang sangat dibutuhkan agar bisa mencegah bertambahnya jumlah korban selebtweet dan selebfesbuk yang termasuk golongan tukang fitnah (You Know What I Mean, guys) di sosial media. Pfffttt 

Berikut 22 Judul Buku Yang Bisa Membantumu Menjaga Kesehatan Pikiran 

1. Enigma 

Novel fiksi yang mengisahkan tentang 5 orang sahabat yang ternyata menyimpan rahasia besar masing-masing. Dari kelimanya pembaca bisa menemukan pelajaran penting. Hasha yang seorang penulis idealis akan membuatmu lebih bisa memahami teman-temanmu atau mungkin dirimu sendiri yang pendiam. Betapa orang-orang yang terlihat pendiam memiliki keriuhan di dalam kepala dan dadanya sendiri. Isara seorang perempuan indigo yang akan mengajarimu bagaimana cara berjuang untuk menahlukkan luka kenangan dan menerima diri sendiri apa adanya. Patta, eksekutif muda yang akan mengingatkanmu tentang karma itu ada. Chang seorang lelaki yang mencari kedamaian hati dan jalan ceritanya bisa membuatmu menengok sisi lain dari berita Gafatar dan Lia Eden, tentang orang-orang yang mencari kebenaran dan kebenaran yang ditemukannya ternyata malah tidak bisa diakui orang lain sebagai kebenaran. Goza sosok lelaki pecinta dan pembunuh bayaran yang mengingatkanmu pada sisi lain kebobrokan mental anak-anak muda saat ini yang membuat miris. 

2. Komik Detektif Conan Edogawa (Shinichi Kudo) 

Detektif Conan (tokoh utama komik ini) bisa mengajari banyak hal, diam-diam kamu akan menjadi lebih teliti dan tidak asal menelan mentah berita-berita kriminal yang tersaji. Misalnya saja tentang Kasus Pembunuhan Mirna dengan racun sianida. 

3. Halaman Terakhir



Dengan membaca novelisasi penggalan kehidupan Jenderal Polisi Hoegeng Iman ini setidaknya kamu bisa memandang penegak hukum atau polisi Indonesia dari sisi berbeda, tak mesti selalu sinis dan menghakimi polisi dengan prasangka buruk. Selain itu kamu akan belajar juga dari tokoh wartawan dalam buku ini yang akan mengungkap bagaimana berita yang tercetak di media tidak selalu tentang kebenaran apalagi jika berhubungan dengan kuasa dan uang. Jadi membaca berita apapun jangan sampai menelannya mentah-mentah dan mengimaninya begitu saja. 

4. Melawat Ke Timur 

Di saat maraknya berita dan isu tentang keinginan membuat negeri khilafah oleh sebagaian muslim, aliran Islam apalah-apalah dan adanya perpecahan atas nama agama dan lain sebagainya. Buku catatan perjalanan yang ditulis oleh seorang jurnalis untuk kepentingan media ini akan memberimu pelajaran yang lumayan ngejleb tentang apa itu toleransi antar umat beragama yang sebenarnya. Lengkap dengan contoh kehidupan beragama sehari-hari di Maluku dan Irian Jaya yang notabene oleh prasangka umum dianggap sebagai basis umat non muslim. 

5. Aku Angin Engkaulah Samudera 

Kamu punya sahabat atau teman? Dengan membaca buku ini kamu akan mulai berusaha mengingat-ingat kembali nama-nama orang yang pernah hadir dan apa perannya yang tak terlupakan dalam hidupmu. Selayaknya menemukan kunci dan membuka kotak pandora. Bonus lebihnya kamu akan mendapatkan spirit dan pemahaman lebih tentang apa itu perang, suara batin wartawan, TNI dan orang-orang Aceh beserta luka sejarahnya (GAM dan Tsunami). 

6. Perempuan


Kumpulan cerpen sastra yang penuh potongan informasi baik dari luar negeri pun Indonesia sendiri (dituliskan berdasarkan pengalaman penulisnya yang jurnalis dan sastrawan) ini akan membuatmu lebih memahami tentang seluk beluk perasaan perempuan di berbagai belahan dunia. Belajar mengerti bahwa tak ada seorang pun yang bisa tahu pasti lubuk hati diri sendiri apalagi lubuk hati orang lain. Jadi berhentilah sok tahu tentang orang lain. Loh? 

7. Mengantar Dari Luar


Kumpulan esai rasa cerpen ini akan mengayakan pengetahuanmu dengan berbagai hal, khususnya soal ekonomi, seni dan cerita tentang bagaimana para volunteers salah satu LSM di Jogja yang bekerja bukan hanya memulihkan keadaan di daerah pasca bencana tapi juga melakukan usaha pencegahan di daerah yang diindikasi rawan atau berpotensi bencana. 

8. Orang-orang Bloomington 

Kumpulan cerita ini ditulis pada periode akhir 1970-an oleh penulisnya tapi tetap relevan dibaca tahun ini. Kamu tidak hanya akan diajak menelanjangi pergolakan emosional para tokoh di dalamnya, tetapi juga menyelami berbagai permasalahan humanistik mereka dalam berhubungan dengan lingkungan dan sesama. Membaca buku ini sama dengan membaca jalan pikiran seseorang yang tampaknya biasa-biasa saja, seolah kamu akan menelanjangi pikiran-pikiran yang terkadang terselubung dalam kepalamu sendiri. Pikiran yang seringkali sebenarnya ada, namun sering kamu sangkal dengan menganggap bahwa semuanya baik-baik saja. Sisi aneh dalam diri masing-masing tiap orang yang dicoba untuk ditutup-tutupi dengan wajah bahagia. Begitulah. 

9. Pembunuh Misterius 

Kumpulan cerpen sarat kritik sosial ini mengandung makna tersirat melalui karya tersurat. Memainkan imajinasi untuk membentuk komunikasi antara penulis dan pembacanya. Setidaknya kamu bisa belajar nyinyir secara keren ala SGA. Eh? 

10. Para Priyayi 

Menengok sejarah Indonesia melalui sebuah novel yang secara mikroskopis menyorot kisah keluarga priyayi di Jawa. Cerita yang mengalir tenang akan membuatmu tenggelam dan sejenak masuk ke sebuah ruang yang diciptakan semesta melalui tokoh-tokoh cerita yang mewakili individu (pembaca) yang beraneka namun disatukan dengan ikatan kekeluargaan yang kuat. Buku ini akan membuatmu menyesal di lembar terakhirnya. Kenapa harus usai sih ceritanya? Gitu. 

11. Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi 

Melalui cerpen-cerpen di dalam buku ini kamu akan belajar menertawakan kehidupan yang sudah semrwawut dengan adegan-adegan konyol tokoh rekaan Eka. Misalnya, bagaimana sebuah batu ingin membalas dendam karena dipakai seorang lelaki bejat membunuh kekasihnya dan setelah perjalanan panjangnya untuk menunaikan dendam malah menyesal. Atau dalam Membuat Seekor Gajah Bahagia, (cerpen ini mengingatkan kita pada tebak-tebakkan sederhana, bagaimana cara memasukkan gajah ke dalam kulkas? Jawabannya, kulkas dibuka gajah dimasukkan). Gajah ingin masuk kulkas karena kepanasan dan anak-anak polos yang baik hati membantunya. Ironinya karena tidak muat, gajah pundipotong-potong. "Membuatnya senang kupikir hal yang lebih penting daripada apa pun. Percuma hidup jika tidak senang." Membaca karya sastra sering kali membingungkan, memang.Tapi sebagai pembaca yang baik, jika tidak saklek dan memiliki pandangan kaku, kamu akan selalu menemukan sisi lain yang luput kamu rengkuh. 

Sebab membaca karya sastra yang baik sebenarnya ibarat berusaha menghaluskan pinggiran-pinggiran tajam dari ego kamu yang mungkin keterlaluan kakunya. Ya, membaca cerpen-cerpen di buku ini akan membuat keakuan dalam dirimu bisa sedikit melengkung dan luwes sehingga jiwa dan akal sehatmu tidak mudah patah ketika kamu terpaksa dihadapkan pada hal-hal yang sebenarnya hanya sekadar berbeda dan perlu ditanggapi dengan ngotot. Karena seberbeda apapun sesuatu itu sebenarnya tetap bisa berjalan beriringan tanpa harus saling menghancurkan jika tak mengandung ego plus nafsu apalah-apalah itu. 

12. The Innocents Man 

"Aku berharap tidak masuk surga atau neraka. Aku berharap pada saat kematianku, aku dapat tidur, tak pernah bangun dan tak bermimpi buruk. Beristirahat dengan kekal, seperti yang kalian lihat pada batu nisan seseorang, itulah yang kuharapkan. Karena aku tak ingin melalui Penghakiman. Aku tak ingin seorang pun menghakimiku lagi. Aku pernah bertanya pada diri sendiri apa alasan aku dilahirkan, saat aku di penjara terpidana mati, jika aku harus melalui semua itu. Apa alasan kelahiranku? Aku hampir mengutuk ayah dan ibuku -jahat sekali- karena membuat aku lahir di dunia ini. Bila aku harus melakukan semuanya itu lagi, aku tak ingin dilahirkan. ~curahan hati Ron yang dikutip oleh Umbrage, 2003)~ . 

Membaca novel yang diangkat dari kisah nyata Ron, seorang yang dijatuhi vonis hukuman mati atas kesalahan yang tidak pernah diperbuatnya ini akan membuatmu bertambah satu point pemikiran (sepertiku) untuk menolak hukuman mati. Atas dasar kejahatan dan kebenaran apapun tidak semestinya manusia menghilangkan nyawa manusia lainnya. Atas nama hukum dan undang-undang sekalipun. Saya pingin Pak Jokowi baca buku ini. Suer deh. Indonesia sudah waktunya menghapus hukuman mati warisan kolonial. 

13. Pride and Prejudice 

Sesuai judulnya Harga Diri dan Prasangka, kisah dalam novel karya Jane Austen ini merupakan satire yang mentertawakan sikap pura-pura, kemunafikan dan piciknya pemikiran orang-orang di masa-nya (Inggris di abad ke-19) yang bisa jadi masih terjadi di belahan bumi lain dan berkelanjutan hingga sekarang banyak kamu temui. Bagaimana orang-orang kebanyakan lebih memilih berpura-pura, bersikap sok baik di depan dan sibuk kasak-kusuk bergosip di belakang dengan sejuta prasangka demi apa yang dinamakan harga diri daripada bersikap saling menghargai, terbuka dan apa adanya. 

Ada banyak kutipan dan pelajaran untukmu "For what do we live, but to make sport for our neighbors, and laugh at them in our turn?" dan "Vanity and pride are different things, though the words are often used synonymously. A person may be proud without being vain. Pride relates more to our opinion of ourselves, vanity to what we would have others think of us." ‪ Jleb to? Iyalah apalagi kalau kamu beneran juga kayak gitu. 

14. Miss Lebay 1,2,3 & 4 

Kalau kamu sedang butuh releksasi dan berhahahihi. Baca aja buku ini. Teenlit ringan dengan humor segar bisa menjadi media yang tepat untuk mematik tawa atau sedikit tersenyum. 

15. Out of The Truck Box 

Untuk menjadi adil tak cukup hanya dimulai dari pikiran tapi juga bacaan (maaf ya Mbah Pram, bukan saya menentang kalimat warisanmu). Logikanya gimana kamu bisa berpikir bijak jika yang kamu baca doktrinisasi yang membuatmu terpojok di sudut pandang yang itu itu saja? Buku ini yang merupakan catatan pengalaman dan rangkuman sebagian pemikiran dari seorang sopir yang inspiratif, akan sedikit mengajarimu memandang permasalahan yang sedang booming di sosial media dari berbagai sudut yang 'out of the box'. 

16. Buku Diary 

Yah, setelah banyak-banyak baca kamu akan butuh jeda. Jadi baca buku pun boleh semangat tapi tak boleh nafsu. Hasilnya entar malah cuma sekadar buang waktu saja untuk baca buku tapi isi buku numpang lewat doang di depan mata. Nggak pakai mampir di kepala atau masuk inti sarinya. Jadi coba buka diary kamu, baca ulang isinya kemudian ingat-ingat gimana rasa dan pemikiranmu sekarang. Udah baikan belum? Adakah dari bacaanmu yang membantumu move up selangkah lebih maju? Baper boleh tapi bawa juga perasaan positif, jangan yang negatif melulu. 

17. Al Quran (beserta terjemahannya). 

Ya, terkadang untuk membantu diri sendiri dalam menjaga kewarasan diri di dunia yang fana dan penuh kegilaan, kembali kepada kitab suci adalah jalan sejati. Wudhu dulu sebelum baca dan abaikan dogma-dogma yang semrawut di luar dirimu. Hanya ada kamu, ayat-ayat sebagai perantara semesta dan DIA. 

18. Pulang 

Membaca buku ini akan membuatmu menyadari bahwa ketakutan dalam dirimu itu ada bukan untuk menjadi momok tapi justru menjadi penyeimbang dan kontrol atas semua pilihan yang kamu ambil dalam perjalanan hidupmu. 

19. 19 Jurus Mabuk Penulis Suktress 

Membaca buku ini akan membantumu untuk memecahkan kebuntuan yang kamu temui dalam menulis. Kalau pun tidak demi untuk menulis ya apa salahnya mengetahui lebih banyak tentang lika-liku dalam mencipta sebuah tulisan. Misalnya catatan yang kamu baca ini. 

20. Intelegensi Embun Pagi 

Hidup dalam kekepoan memang tidak mudah, kamu butuh jawaban apa dan bagaimana. Jadi kayaknya kamu yang wajib baca buku ini bukan hanya untuk yang udah baca 5 buku episode sebelumnya. Tapi yang kepo endingnya Supernova pun mesti baca. Ada berbagai pelajaran yang akan kamu dapatkan kalau kamu bacanya sebagai seorang pembelajar bukan sekadar pingin wah karena udah baca buku keren. Ah, apalah artinya buku keren jika dibaca secara asal-asalan. 

21. Muhammad Sang Pewaris Hujan 

Adalah kebahagian bagi umat muslim jika bisa menemukan jalan untuk lebih mencintai junjungannya. Dan buku ini salah satu jalan itu. 

22. Buku hasil karya kamu sendiri. 

Belum punya? Yah, ayuklah semangat membaca dan menulis lagi, lagi dan lagi! Kalau belum bisa dibaca tahun ini bisa dihutang eh ditabung dulu agar bisa dibaca pada tahun berikutnya.

HK, 2 February 2016

17 komentar:

  1. Penasaran sama Enigma. Good rebiew, Bi. Sukses bikin mupeng dan nambah saldo tabungan. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf , numpang tanya de
      Buku ini bisa di pesan di mana ya, saat ini saya berada di taiwan, dan bagaimana cara memesannya, terimakasih.. Saya risa

      Hapus
  2. waaah, terima kasih sudah direkomendasikan arista... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas Yudhi,bukunya emang keren kok

      Hapus
  3. Buku yang terakhir, jleb banget. :D

    BalasHapus
  4. Buku yang terakhir, jleb banget. :D

    BalasHapus
  5. Terimakasih gan/sis admin atas referensi bukunya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. terimakasih rekomendasinya bu...

    BalasHapus
  7. referensi buku ke 17...sip

    BalasHapus
  8. MAKASIH KAK SARANNYA....BERMANFAAT BGT

    BalasHapus
  9. MAKASIH KAK SARANNYA....BERMANFAAT BGT

    BalasHapus