Laman

Jumat, 26 Agustus 2016

BMI KORBAN KOREKSI DATA PASPOR BISA BEBAS dari TUNTUTAN PENGADILAN

Gambar palu pengadilan yang saya pinjam dari Mbah Geogle

Setelah para korban koreksi data paspor di Hong Kong berjatuhan; empat belas orang positif dipenjara, dua orang mendapatkan surat peringatan dan puluhan Buruh Migran Indonesia lainnya merasa was-was dan terancam nasibnya. Terbebasnya salah satu BMI korban koreksi data dari tuntutan pengadilan ibarat oase dan menjadi kabar pengharapan bagi BMI HK.


Be smart, guy's!

Kabar yang lekas tersebar dan beredar dengan cepat di kalangan BMI via media sosial ada sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya bisa membantu penyebaran dan memudahkan akses informasi oleh dan dari siapa saja. Sedangkan sisi negatifnya tak jarang kabar yang beredar sudah mengalami penambahan dan pengurangan di sana sini dan bisa menambah kebingungan. Sebab sudah menjadi tidak jelas lagi kabar mana yang kiranya bisa lebih dipercaya sumbernya.

Jika Anda memang golongan orang-orang yang benar-benar membutuhkan informasi, banyak-banyaklah membaca dan pandai memilah berita. Jangan asal menelan mentah-mentah semua berita tanpa mencari tahu kebenarannya terlebih dulu.

Pahami Dokumen dan Data Pribadi Anda

Koreksi data paspor tidak akan menjadi masalah yang diawali dengan kepanikan akut jika masing-masing pemilik paspor sudah terlebih dulu mengetahui dan memahami isi dokumen dan data pribadinya. Ketidaktahuan yang terjadi biasanya tidak selalu menjadi kesalahan mutlak BMI karena yang bersangkutan biasanya tidak memegang atau menyimpan dokumennya sendiri.

Jadi siapapun Anda, sejak membaca tulisan ini, silakan memeriksa dokumen pribadinya masing-masing. Jika dokumen tersebut tidak sedang di tangan Anda, minimal segera miliki salinannya.

Jika Anda Korban Koreksi Data Paspor

Kecemasan atau ketakutan Anda dalam menghadapi masalah tidak akan bisa membantu menyelesaikan persoalan. Jika sudah diketahui akan terjadi koreksi atas data paspor Anda, segera cari informasi yang bisa dipercaya dan persiapkan diri Anda untuk menghadapinya.

Selain modal informasi yang terpercaya dan persiapan dokumen tambahan yang dibutuhkan, kesiapan mental Anda jauh lebih penting untuk diusahakan. Sebab proses selanjutnya sehubungan koreksi data paspor akan sangat membutuhkan ketenangan dan kesiapan mental. Buang semua keraguan dan percayalah pada diri sendiri jika Anda sebenarnya tidak bersalah.

Sebagai korban, Anda harus bisa konsisten berjuang menolong diri sendiri. Pendampingan dan dukungan dari pihak manapun akan menjadi sia-sia jika Anda sendiri salah langkah atau justru menyerah dan pasrah. Ingatlah, selelah apapun Anda, kegagalan setelah berjuang adalah kemenangan dalam bentuk nama yang lain. 

Koreksi Data Paspor

Ketika renew paspor dan mengalami perbaikan data paspor yang ditengarahi bermasalah, Anda akan diwawancarai atau jika tidak diwawancarai, Anda sendiri yang harus punya inisiatif bertanya kepada Wasdakim (Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian) di KJRI HK untuk membuat BAP dan mendapatkan penjelasan langkah-langkah dalam menghadapi masalah Anda.

Jika pengajuan pengubahan data paspor baru sudah diterima atau sudah mendapatkan persetujuan, Anda akan mendapatkan endorsement dan secara otomatis harus mulai berurusan dengan pihak imigrasi HK untuk keperluan melakukan penyamaan data paspor dan data yang tercatat di Imigrasi HK serta membuat Hong Kong Identity Card (HKID) yang baru.

Sampai pada langkah ini, pertamanya Anda harus bisa menjelaskan masalah dan posisi status kerja Anda secara baik-baik kepada Majikan. Jika memang terkendala urusan bahasa, Anda bisa mencari bantuan kepada orang yang bisa menjadi perantara komunikasi antara Anda dan Majikan. Hal ini penting karena pada proses selanjutnya mau tidak mau masalah Anda akan melibatkan atau minimal diketahui Majikan karena Anda memiliki kemungkinan harus memenuhi panggilan dari pihak Imigrasi Hong Kong pada hari kerja Anda.

Hal yang perlu digarisbawahi JANGAN TAKUT DIPUTUS KONTRAK KERJA karena sebenarnya ketika terjadi koreksi data secara otomatis kontrak kerja Anda dan Majikan putus atau sudah tidak berlaku dengan sendirinya dan harus menyusul diperbaiki datanya (renew contract) setelah Anda mendapatkan HKID yang baru.

Penggantian Data HKID di Imigrasi Hong Kong

Pada website Departemen Imigrasi Hong Kong disebutkan dengan jelas bagaimana cara agar bisa mengubah data pribadi yang muncul di kartu identitas Hong Kong (HKID). Jika Anda perlu mengubah data pribadi pada kartu identitas Anda, Anda harus mengisi formulir aplikasi (ROP73) dan mengirimkannya melalui pos ke alamat Imigrasi HK dengan disertai salinan dokumen pendukung dalam versi terjemahan berbahasa Inggris.

capture rop73

capture rop73


To: 
Registration of Persons General and Statistics Unit
12/F, Immigration Tower
7 Gloucester Road
Wan Chai, Hong Kong


Selain itu, Anda bisa juga mengirimkan formulir aplikasi melalui email resmi Imigrasi HK di eto_rop@immd.gov.hk




Website resmi IMIGRASI HK tempat unduh ROP73


Form ROP 73 adalah Formulir Aplikasi untuk Pendaftaran Pengubahan Data KTP Hong Kong (HKID). Anda bisa mendapatkan formulir tersebut dengan datang langsung ke kantor Imigrasi atau mengunduhnya di website resmi Imigrasi HK.

Setelah menerima pengajuan aplikasi Anda, pihak Imigrasi akan meminta Anda melalui surat untuk menghadiri wawancara guna mengubah dan menghasilkan data dokumen sesuai dokumen asli Anda. Anda harus benar-benar memperhatikan jadwal jam dan tempat wawancara, agar tidak terlambat atau melewatkannya. Sebab jika terjadi hal seperti itu Anda harus mengulang membuat jadwal baru yang artinya mengulur waktu atau apesnya malah bisa dituduh mempersulit kerja Imigrasi HK. Jika permohonan sudah disetujui, pengaturan selanjutnya akan dibikin untuk proses penggantian kartu identitas Anda dan dikenakan biaya HK$ 460.

Sesi Wawancara oleh Imigrasi Hong Kong

Ketika Anda menghadiri sesi wawancara dengan Imigrasi HK, usahakan Anda bersikap tenang dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan tanpa berbelit-belit. Apapun jawaban dan pernyataan Anda, Anda harus konsisten dan tidak berubah-ubah (mencla-mencle). Karena biasanya untuk menguji kebenaran jawaban Anda, pihak penyelidik (petugas yang mewawancarai Anda) akan menanyakan hal yang sama dalam versi kalimat yang berbeda. Anda punya hak untuk tidak menjawab jika ragu atau tidak memahami maksud dari pertanyaan yang diajukan penyelidik. Sebab data Anda di sesi wawancara inilah yang akan menentukan apakah Anda harus melalui persidangan di pengadilan atau tidak. Kalaupun harus melalui persidangan, hasil wawancara inilah yang nantinya menjadi bahan materi di persidangan.

Pertanyaan yang diajukan petugas penyelidik di Imigrasi dan Hakim di persidangan kurang lebih sama dan akan tetap mengacu pada isian formulir ROP 73
1) Confirm your true identity (Konfirmasi data asli Anda).
2) Why did you report a wrong identity before (Mengapa Anda memiliki kesalahan data).
3) When did you find the mistake (Kapan Anda mengetahui adanya kesalahan data).
4) Why did not amend the mistake before (Mengapa dulu tidak segera memperbarui data).
5) Why do you want the change now (Mengapa baru sekarang melakukan koreksi data).
6. Who publishes the old passport and your new passport and why there can be two different identity (Siapa yang menerbitkan paspor lama dan Paspor baru Anda dan mengapa bisa terjadi ada dua data yang berbeda).


Berikut contoh tanya jawab yang dialami oleh salah satu BMI korban koreksi data paspor yang sudah memenangkan kasusnya dengan hakim di persidangan.

Hakim: "Siapa yang menerbitkan paspor lama dan Paspor baru Anda? Mengapa data paspor Anda bisa berbeda tahun kelahiran 1978 dan 1979?"

BMI: "Yang menerbitkan paspor saya pemerintah Indonesia,  dan saya tidak tahu kenapa datanya bisa berbeda. Saya tahunya data saya yang benar adalah saya lahir tahun 1978."

Hakim: "Kapan Anda memiliki paspor baru dengan data berbeda?"

BMI: "Satu minggu sebelum visa saya habis."

Hakim: "Apa yang Anda lakukan ketika pertama kali mengetahui data Anda menjadi berbeda?"

BMI: "Saya bertanya kepada petugas di KJRI kenapa data saya bisa berbeda. Dan KJRI kemudian malah meminta balik paspor saya."

Hakim: "Kemudian apa tindakan Anda, setelah mendapati data yang berbeda dengan sebelumnya? Apa keterangan yang diberikan KJRI atas dokumen Anda?"

BMI: "Saya sudah beberapa kali menanyakan tentang data saya yang menjadi berbeda, tapi pihak  KJRI hanya mengatakan kalau semua itu tanggung jawab mereka yang akan menjelaskan ke Imigrasi Hong Kong. KJRI hanya menyuruh saya agar segera ke kantor Imigrasi di Wancai dengan membawa paspor baru dan surat keterangan dari mereka untuk melaporkan perbaikan data."

Hakim: "Kesan apa yang pertama kali Anda rasakan?"

BMI: "Saya bingung, kenapa data saya yang keluar menjadi berbeda  dari sebelumnya, 1978 menjadi 1979. Padahal saat saya mengisi formulir permohonan perpanjangan paspor dengan isian tahun kelahiran saya 1978. Dan memang data tersebut yang asli sejak awal dan bisa dibuktikan dengan dokumen lain yang pernah saya miliki."


Dari contoh tanya jawab yang saya kutip dari sumbernya tersebut, bisa kita lihat bahwa dari semua keterangan yang diutamakan adalah kesesuaian pengakuan dengan data asli (data  paspor yang pertama dibuat dan sudah sesuai akte dan ijazah serta dokumen lainnya) dan konsistensi atas jawaban Anda sendiri.

Tidak Ada Jaminan Kebebasan

Puluhan korban koreksi data yang saat ini telah dipenjara sebelum pada akhirnya nanti akan dideportasi adalah bukti bahwa tidak pernah benar-benar ada jaminan atas kebebasan bagi korban koreksi data paspor baik dari pemerintah Indonesia juga pemerintah Hong Kong.

Capture surat pengantar dari KJRI HK







Jika masalah koreksi data adalah hal mudah, semudah jawaban KJRI Hong Kong yang mengaku akan bertanggung-jawab tetapi jawabnya hanya sebatas lembaran surat pengantar yang berisi keterangan tidak jelas dan berputar-putar. Alih-alih surat endorsement akan bisa meringankan tanggungan korban tapi kenyataannya justru sebaliknya. Lembaran surat keterangan yang isinya bertele-tele dari KJRI  justru bisa menjadi lembaran bukti tambahan yang menjatuhkan korban.

Surat keterangan pengantar dari KJRI HK dan juga surat keterangan berkelakuan baik selama bekerja dari Majikan bukanlah jaminan kebebasan untuk korban koreksi data. Keduanya adalah lembar dokumen tambahan yang mesti Anda lampirkan sebagai penguat kesaksian dalam bentuk tertulis saja. Dan untuk selanjutnya semua masalah tetap menjadi tanggungan penuh pribadi Anda. Siapapun dan apapun organisasi atau pihak manapun yang mendampingi Anda akan hanya berfungsi sebagai penyemangat sekaligus pengingat agar Anda bisa fokus kepada jalan penyelesaian kasus.

Menjadi Rujukan dan Perbandingan Pembelajaran

Mungkin setelah membaca tulisan panjang saya ini, Anda masih akan bertanya-tanya apa maksud saya memaparkan keterangan di atas? Saya hanya sedang berusaha membagikan Informasi secara terbuka kepada Anda agar kiranya bisa menjadi bahan  rujukan dan perbandingan serta pembelajaran untuk kasus-kasus serupa.

Jika Anda mencermati apa yang saya paparkan akan terbaca jelas bahwa kasus koreksi data yang sudah melewati proses panjang dan beberapa kali jadwal persidangan sejak awal Oktober 2015 hingga Agustus 2016 dan akhirnya berbuah kemenangan oleh korban tersebut sebenarnya kunci kemenangan ada pada fakta bahwa koreksi data di KJRI HK sebenarnya melakukan kesalahan yang berbuah masalah bagi korban. Data tahun kelahiran korban sudah benar 1978 tapi dikoreksi dan diubah menjadi 1979!  #gleg!

Pelajaran penting bagi teman-teman BMI di Hong Kong dari kasus ini adalah siapa pun yang berbuat kesalahan tetap BMI yang bersangkutan yang harus berjuang membela dan bersaksi bagi dirinya sendiri dan membuktikan bahwa ia tidak bersalah. Meski melewatkan proses penyelesaian kasus yang berbelit-belit dan harus menunggu berbulan-bulan dengan status sebagai terdakwa pastinya bisa  menguras energi dan menyisakan trauma tersendiri bagi yang menjalani.

Untuk teman-teman JBMI dan Mission For Migrant Workers serta organisasi-organisa progresif lainnya semoga kemenangan kasus ini bisa menjadi penyemangat untuk terus mengkampanyekan dan melakukan pendampingan kepada teman-teman BMI yang sedang menghadapi masalah serupa.

Dan semoga kasus ini juga menjadi pelajaran berharga untuk KJRI Hong Kong agar kedepannya semakin teliti dan hati-hati serta bekerja secara lebih profesional lagi ketika melayani dan melakukan koreksi data paspor. Tak ada gading yang tak bisa retak, jadi bisa saja terjadi kesalahan pada koreksi data yang dilakukan oleh KJRI. Kesalahan itu misalnya akibat salah ketik atau hal kecil lainnya. Tapi jika sudah diketahui bisa terjadi tentunya juga bisa diantisipasi dan dicari jalan keluarnya.

Contohnya ada pada kasus tersebut di atas, pokok permasalahan adalah pada data tahun kelahiran1978 diubah menjadi 1979. Bisa jadi (menurut analisa pribadi penulis) masalah sebenarnya hanya kesalahan ketik dari petugas pelayanan pembuatan paspor dan bisa dicari jalan penyelesaiannya dengan petugas mengakui kesalahan kemudian menerbitkan ulang paspor dengan data yang benar. Maka urusan akan selesai dengan sendirinya tanpa perlu memaksa korban melewati proses berliku di Imigrasi dan pengadilan Hong Kong yang sebenarnya tidak diperlukan. 

Lha mau perlu gimana coba, Cah, wong data aslinya loh sebenarnya sudah asli dan benar. *Tepuk jidat Mukidi.

Hong Kong, Agustus 2016

*Untuk menghindari reaksi seperti pada tulisan-tulisan saya sebelumnya yang menjadikan korban atau narasumber saya sebagai sasaran intimidasi, jika ada yang merasa dirugikan oleh tulisan saya ini, silakan hubungi saya via WhatsApp di +85266006504

2 komentar:

  1. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...






    BalasHapus
    Balasan
    1. saya IBU KARMILA posisi sekarang di malaysia
      bekerja sebagai ibu rumah tangga gaji tidak seberapa
      setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
      sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
      sempat saya putus asah dan secara kebetulan
      saya buka FB ada seseorng berkomentar
      tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
      melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
      karna di malaysia ada pemasangan
      jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
      saya minta angka sama AKI NAWE
      angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
      terima kasih banyak AKI
      kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
      rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
      bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
      terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
      jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259 tak ada salahnya anda coba
      karna prediksi AKI tidak perna meleset
      saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan



      Hapus