Laman

Rabu, 07 September 2016

Wisata Religi dan Kuliner Gratis di Hong Kong

SIKH TEMPLE (Doc.pri)


"Apakah kamu tahu satu tempat di Wanchai yang membagikan makanan gratis sekaligus terkenal sebagai pusat bertemunya backpacker dunia di Hong Kong?" 

Pertama saya mendapatkan pertanyaan seperti di atas dari teman saya, sepasang bikepacker (petualang bersepeda) asal Argentina, saya masih kurang begitu antusias. Sampai dua bulan kemudian saya bertemu backpacker lain asal Rusia dan dari percakapan kecil kami, lelaki muda yang berencana melanjutkan perjalanannya ke Korea tersebut mengaku mengenal teman saya yang bikepacker. Mereka bertemu dan saling mengenal di tempat biasanya para backpacker dunia mendapatkan makanan gratis. Tentu saja saya mendadak kepo dan meminta lelaki bernama Denis Zeziukin itu menuliskan nama tempat yang dimaksudnya.


Tulisan tangan Denis

Berbekal secuil kertas yang disobek empunya dari lembaran kertas sketsa, akhirnya hari Minggu kemarin saya dan teman-teman saya berhasil menemukan 'Sikh Temple' yang biasa menjadi tempat wisata religi dan kuliner gratis di Hong Kong.

Kuil Kemanusiaan di Sudut Kota Metropolitan

Terletak di antara jalanan yang sibuk dan komplek pemakaman yang sunyi, pemandangan kubah kecil yang khas di antara kaki gedung-gedung yang tinggi menjulang, membuat sosok Gurudwara atau Kuil Sikh terbesar di Hong Kong itu terlihat lebih seperti sebuah penampakan. Ganjil sekaligus menarik dan mengagumkan.

Ruang doa utama kuil 


Kuil putih dengan aksen biru yang menurut sejarahnya didirikan pada tahun 1901 oleh  Sikh dari Angkatan Darat Inggris yang berbasis di Hong Kong itu sudah mengalami beberapa kali renovasi. Tetapi sampai hari ini tidak pernah kehilangan bentuk asli dan tujuannya berdiri sebagai sebuah 'kuil kemanusiaan'. Hal ini dibuktikan dengan keramahan para penghuninya yang siap menyambut dan menerima setiap orang dan memanusiakan siapapun yang memasuki pintu gerbangnya.

Saya dan teman-teman awalnya sempat sedikit ragu-ragu untuk memasuki Khalsa Diwan karena begitu melewati gerbang kami langsung mendapati ruang doa utama yang terbuka lebar dan di dalamnya sedang berlangsung acara pembacaan puji-pujian. Namun ternyata bukan sekadar pintunya saja yang terbuka, ruang doa utama itu pun benar-benar terbuka untuk umat non-Sikh dan siapapun yang ingin memasukinya. Tentunya dengan syarat mengikuti ketentuan yang berlaku, seperti mesti melepas alas kaki dan tidak berisik mengganggu jalannya ritual.

Sikh dan Turban di Hong Kong

Keberadaan Sikh sudah tidak asing lagi di Hong Kong. Para penganut ajaran Sikh yang jumlahnya cukup banyak itu mudah diidentifikasi dengan ciri khas penampilannya yang mengenakan turban berwarna-warni dan rambut unshorn serta jenggot panjangnya.


Penampilan Sikh


Sebelumnya saya sempat penasaran kenapa para pengikut Sikhisme tidak pernah memotong rambutnya sepanjang hidup mereka. Ternyata menurut penuturan Akhmed, salah satu relawan di Sikhi Temple, mereka sengaja membiarkan rambutnya tumbuh secara alami sebagai tanda penghormatan terhadap kesempurnaan ciptaan Tuhan. Selain itu mereka juga menganggap rambut merupakan bagian yang paling indah sekaligus kehormatan dari tubuh manusia yang semestinya dirawat dan dijaga.

Ajaran Sikhisme yang didirikan oleh Guru Nanak Dev pada tahun 1449 di India bagian utara dan mulai memasuki Hong Kong sekitar tahun 1840-an itu merupakan sebuah ajaran monoteis, yang berarti mempercayai adanya Tuhan yang Esa. Saya sempat heran ketika menemukan beberapa kemiripan antara ajaran Sikh dengan ajaran Islam dan Hindu. Tetapi keheranan saya terjawab oleh Akhmed yang menjelaskan kalau menurut sejarah kelahirannya ajaran yang saat ini dianutnya memang sengaja memadukan antara beberapa kepercayaan yang sudah ada lebih dulu di India, yakni Islam dan Hindu.

Kampanye Kesetaraan Melalui Pembagian Makanan Gratis

Sejak terjaga di jam 4 pagi dalam ritual doa, para relawan di Kuil Sikh sudah mulai menyiapkan makanan bagi para pengunjungnya. Kegiatan ini menjadi rutinitas harian para relawan untuk berbagi dan melayani semua orang yang datang, tanpa memandang warna kulit dan latar belakang cerita hidupnya. Semua orang memiliki hak yang sama untuk menikmati suguhan makanan cuma-cuma.


Relawan membagikan makanan


Gagasan pembagian makanan gratis sebenarnya merupakan bagian dari ajaran Sikh yang bertujuan untuk mendorong integrasi antar umat agama yang berbeda. Sebagaimana tujuan kelahiran ajaran Sikh yang dilatarbelakangi adanya konflik karena perbedaan kepercayaan di India. Guru Nanak Dev ingin mendorong semua orang untuk keluar dari sistem kasta (sistem pembagian sosial) dan agar orang-orang yang berlebihan mau melayani orang-orang yang kekurangan dan mendorong setiap orang, tidak peduli kepercayaan apapun yang diyakininya, agar mau duduk bersama-sama dalam kesetaraan hubungan sebagai saudara sekaligus sebagai sesama manusia.


Langar 


Menurut penuturan Rajh, relawan yang sedang bertugas membagikan makanan, setidaknya ada 100 orang yang rutin datang untuk menikmati makanan gratis dari dapur mereka pada hari kerja. Dan jumlah penikmat makanan gratis akan bertambah menjadi sekitar 1.000-an orang pada hari Minggu. Ketika saya mengaku takjub dengan jumlah sebanyak itu, Rajh malah tertawa. Katanya, di pusat tempat suci Sikhisme, di Kuil Emas di India sana, ada sekitar 50.000-an orang yang menikmati makanan gratis setiap harinya dan jumlahnya bertambah menjadi ratusan ribu orang lebih pada hari Minggu dan hari-hari besar keagamaan mereka.

Mengenal Kuliner dan Budaya Punjabi

Dibandingkan dengan ajaran Sikh dan sejarah berdirinya kuil mereka, yang paling menarik dan banyak diminati pengunjung dari Bangunan Putih Biru ini adalah kabar tentang keberadaan "makanan gratis". Ya setidaknya begitulah menurut pengalaman pribadi saya dan teman-teman yang termotivasi untuk mengunjungi tempat fantastik ini.

Langar atau ruang makan gratis yang kami temui di Kuil Sikh nyaris sama besarnya dengan ruangan doa utama. Ruangan besar tanpa meja dan kursi yang beraroma rempah-rempah itu lumayan sepi ketika kami berkunjung. Tetapi kegiatan di dapur yang menempel langsung dengan ruang makan sama sekali tidak berhenti. Puluhan relawan yang kesemuanya lelaki terlihat sibuk dengan tugas masing-masing dari kegiatan  memotong sayuran, memasak, hingga mencuci piring.

Makanan gratis yang disuguhkan kepada semua pengunjung Kuil tanpa memandang ras, agama dan latar belakang perorangan tersebut kesemuanya adalah makanan khas India bagian utara atau sering disebut Punjabi. Makanan yang disajikan mempunyai ciri khusus, menyesuaikan ajaran Sikh yang memiliki larangan untuk memakan daging dan menyembelih hewan. Jadi semua makanan di Langar terbuat dari bahan olahan berupa beras, chapati (roti), sabzi (sayur kari) dan dal (lentil). Jenis makanan vegetarian yang relatif aman untuk dinikmati semua orang.

Peralatan makan disediakan di atas meja besar


Ketika makan di Langar, orang-orang duduk berjajar memanjang, berhadap-hadapan di lantai, setelah sebelumnya mengambil piring sendiri-sendiri. Piring serupa nampan dan  gelas minumannya masing-masing sudah disediakan di satu meja besar yang terletak di samping pintu masuk Langar.


Pengunjung duduk berjajar berhadap-hadapan di atas karpet merah

Makanan yang dibagikan relawan langsung disendok dan dituang ke topping piring dan relawan yang bertugas membagikan makanan tersebut akan selalu berkeliling menawarkan  kepada setiap orang untuk mendapatkan tambahan menu yang diinginkan setiap lima menit sekali. Jadi setiap orang bisa duduk manis dan makan sekenyang dan sesanggup perut mereka menampung makanan.

Relawan membagikan chapati

Saya sendiri dan teman-teman memilih mengambil satu piring saja untuk bertiga, tapi itupun pada akhirnya kami tetap tidak sanggup menghabiskan isinya. Cemen ya? Hahaha begitulah, semua soal selera lidah kami yang Jawa banget. Pfffttt

Chapati diterima dengan dua tangan


Ada hal yang menarik perhatian saya dari cara pembagian menu oleh para relawan, yakni pada cara memberikan chapati. Jika semua menu lain cukup dimasukkan langsung ke dalam baki makanan, chapati harus ditempatkan dan diterima dengan dua tangan.

Tempat Teh Masala, air panas dan air dingin  ada di luar pintu Langar
Kami sempat dipelototi relawan ketika menunjuk baki agar ia mau meletakkan chapati jatah kami langsung ke baki seperti sayur yang dibagikannya. Ketika saya coba klarifikasi, ternyata kami sudah membuat kesalahan. Chapati bagi Sikh merupakan simbol dari kejujuran dan kerja keras sehingga ketika menerimanya, penerima harus menunjukkan simbol penghormatan dan terima kasih dengan menengadahkan dua tangan. Wah, untung saja kami yang belum tahu dan terkesan ngeremehin keberadaan chapati cuma dipelototi doang, nggak sampai dilempar roti. #lol

Teh Masala



Minuman di Langar selain air putih  juga tersedia Teh Masala yang bisa langsung dituang sendiri oleh pengunjung dari termos. Minuman tradisional yang seperti arti namanya dalam bahasa India; 'rempah-rempah', adalah minuman yang dibuat dari bahan rempah-rempah, yaitu: teh, butiran kapulaga, bubuk cengkeh, bubuk kayu manis, dan irisan jahe yang kemudian dipadukan dengan susu hingga tercipta sebuah minuman yang manis dan kental. Rasanya kalau menurut saya sedikit mirip teh tarik asal Malaysia.


Chapati, Daal dan Ma Kii Daal


Chapati atau bisa disebut juga Roti Punjabi adalah makanan pokok sehari-hari bagi penduduk di India bagian utara. Roti ini terbuat dari tepung atta atau tepung gandum khusus, yakni tepung dari biji gandum jenis keras yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan pasta. Berbeda dengan prata yang lezat, chapati yang adonannya memang sengaja dibuat tidak mengembang dan dibiarkan tawar itu teksturnya terasa lebih ulet dan keras jika dibanding roti gandum jenis lainnya.

Tentang Daal yang awalnya kami sangka bubur kacang hijau adalah sayuran yang diolah bareng rempah-rempah. Hasil olahan campuran bahan: beras, kacang hijau, kacang hitam, kacang gude, kacang arab dan letil ini penampakannya memang seperti bubur, tapi rasanya nano-nano: manis, asin dan pedas jadi satu.

Ada juga Idli atau sambal ala Punjabi yang merupakan makanan tradisional India berupa penampakan campuran sayuran dan nasi yang sudah difermentasi, yang direbus dengan tambahan rasa pedas. Saya dan teman-teman tidak berani mencicipi Idli karena takut perut kami akan memberontak.

Kaali Daal atau Ma Ki Daal adalah satu-satunya menu yang langsung kami kenali namanya sebagai Kare karena warna kuningnya yang khas. Hidangan ini hampir sama dengan Daal tapi lebih transparan wujudnya (*apa sih ini?), bahannya masih  dari lentil hitam juga. Bedanya ketika masuk ke dalam kuah kari, si letil yang hitam ini mengajak teman-temannya: pasukan rempah-rempah dan potongan beraneka macam sayuran. #fiksibangetbahasanya


Bubur manis ini penampakannya seperti bubur putih Orang Jawa


Bubur manis yang sempat saya cicipi ini adalah rekomendasi Mr Mustafa, salah satu relawan Kuil Sikhi yang super ramah dalam melayani kami. Sayangnya saya lupa menanyakan nama makanan ini dalam bahasa India-nya apa. Yang saya tahu pasti, bubur ini terbuat dari campuran beras, tepung gandum dan susu.

Teman saya  yang awalnya bertopi diminta mengenakan shawl


Selain cara menerima chapati, ada satu hal penting lagi yang semestinya diketahui setiap pengunjung kuil. Sebelum masuk ruang doa utama dan Langar, bagi yang tidak berjilbab dan berturban, harus mengenakan penutup kepala yang berupa sehelai kain berbentuk segitiga. Kain bernama shawl yang ukurannya sekitar 30x150 cm ini gunanya sebagai simbol religi atau simbol tertentu. Menurut sejarahnya nama shawl diadopsi dari bahasa Kashmir; shal. Sebagaimana shawl Kashmir, shawl di Kuil Sikhi hanya mengenal satu warna saja tanpa kombinasi warna (biru, oranye dll) dengan tambahan sulaman Khanda (simbol Sikh) sebagai hiasan.


Sebelum pulang kami sempat bertemu backpacker asal Mesir

Sisipan Kesan yang Apalah-apalah

Sejak pertama menginjakkan kaki di Kuil Sikhi hingga hari ini, saya makin banyak berpikir dan merenung serta mencoba memahami banyak hal. Terutama tentang cara bagaimana agar saya bisa adil sejak dalam pikiran seperti nasehat Mbah Pram. Sebab apa yang saya temui di tempat peribadatan orang-orang Sikh itu seperti sebuah palu besar yang mengetuk dada saya bertalu-talu. Ribut mempertanyakan tentang sisi kemanusiaan dan kesiapan saya berbagi kepada sesama manusia lainnya, tanpa tebang pilih.

Di saat saya yang naif dan banyak orang-orang seagama dengan saya sibuk dengan apalah-apalah yang membuat kami terlalu banyak teori dan omong kosong dibandingkan aksi, masih sering dholim dan saling menghakimi bahkan kepada saudara sesama muslim sendiri. Di satu tempat lain, di sudut kota sebuah negeri yang kehidupan hegemoninya tidak bisa diragukan lagi, ternyata ada sebuah tempat, sekumpulan orang dan sebuah aksi nyata yang berusaha menjaga kemurnian ajaran kemanusiaan dan kesetaraan yang benar-benar setara.

Duh, apalah saya ini. Sepulang dari wisata religi dan makan gratis, saya malah merasa hanya seperti secuil rengginang yang tertinggal di sudut kaleng biscuit. Lebaran sudah berlalu tapi saya masih menunggu. Menunggu apa yang entah untuk apa.

Cara Menemukan Kuil Peninggalan Jaman Kolonial

Salah satu tempat bersejarah Hong Kong yang biasa menjadi pusat bertemu dan berkumpulnya para backpaker dunia ini sangat mudah untuk ditemukan. Sebab letak Kuil Sikhi berada tepat di tepi jalan raya; Queen's Road East 371, Wan Chai.

Jika bertolak dari titik point Mtr Hung Hom, pengunjung bisa naik bus nomor 109 atau nomor 113, kemudian turun di bus stop Wah Yan College, Queen's Road East dan berjalan kaki ke arah kuil sekira lima menit.

Tapi jika pengunjung sudah berada di sekitar daerah Wan Chai dan Causeway Bay berarti tinggal berjalan kaki dengan panduan geogle map sekira 30 menit ke arah Queen's Road East yang hanya berjarak beberapa blok dari keberadaan Masjid Amar, Wan Chai.

HK, September 2016

4 komentar:

  1. Waaahhhh ... kerennya perjalanan Nanny kali ini. Seru. Bahkan aku baru tau tentang ajaran Sikh ini. Hmmm emang iya sih, menjadi manusia yang memanusiakan nggak semudah itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
      Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...






      Hapus
    2. saya IBU KARMILA posisi sekarang di malaysia
      bekerja sebagai ibu rumah tangga gaji tidak seberapa
      setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
      sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
      sempat saya putus asah dan secara kebetulan
      saya buka FB ada seseorng berkomentar
      tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
      melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
      karna di malaysia ada pemasangan
      jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
      saya minta angka sama AKI NAWE
      angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
      terima kasih banyak AKI
      kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
      rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
      bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
      terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
      jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259 tak ada salahnya anda coba
      karna prediksi AKI tidak perna meleset
      saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan



      Hapus
    3. Selamat malam para penggemar angka togel 2D 3D 4D 5D Dan 6D lewat internet ini saya pengeng mengucapkan banyak terima kasih kepada AKI ALIH atas bantuannya sama saya dan saya pengeng juga menyampaikan sesuatu bagi anda yang sering kalah main togel janganlah Anda Putus Asa…karena Anda sudah menemukan peramal angka yang sangat tepat dan bisa merubah nasib anda menjadi lebih baik dari sebelumnya karena saya sudah membuktikannya kemaring malam waktu pemutaran angka 6D tuk putaran MALAYSIA dan alhamdulillah saya dapat Rp 350 juta dari 4 bandar togel karena AKI ALIH menyuruh saya pasang angka sama 4 bandar dan kemenangan saya ini karena berkat bantuan AKI ALIH dan insya allah beliau akan membantu anda semua dengan Angka Ritual yang mengandung banyak keuntungan dan keberhasilan dan jika anda mau bukti bukan omongan belaka silakan hubungi beliau secepatnya karena kesempatan tak’akan datang kedua kalinya.

      DAN APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATAGORI DI BAWAH INI…!!!

      1 i kejar-kejar tagihan hutang yang tak pernah bisa terlunasih.

      2:Selalu kalah dalam bermain togel sehingga anda bisa-bisa setres mikiring hutang yang semaking menumpuk.

      3:Barang berharga sudah terjual buat judi togel..

      4:Sudah kemana-mana tapi tidak ada menghasilkan solusi yang tepat.

      5:Sudah banyak dukun di tempati minta angka ritualnya,belum dapat juga jalan menyelesaikan masalah.

      6.Mau pulang kampung tapi malu karena tidak ada ongkos pulang.
      7.Dan bagi anda yang memerlukan pesugihan TUYUL anda juga bisa minta sama beliau kalau anda ke pengeng cepat kaya.

      BAGI YANG BERMINAT ANDA BISA GABUNG DI SINI…!! SUPAYAHSEMUA MASALAH ANDA BISA TERSELESAIKAN ATAU Silakan hubungi AKI ALIH di nomor hpnya 082 313 669 888 atau >

      .karena angkanya bisa di jamin 100% tembus saya berkata begeni karena saya sudah buktikan sendiri..!!!
      jadi tiba giliran anda tuk membuktikannya,terima kasih…?
      (`’•.¸(` ‘•. ¸*¸. •’´)¸.•’´)
      «´ Thanks AKI `»
      (¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )
      : >
      KLIK DISINI

      SALAM TERIMA KASIH SAYA SAMA AKI KARENA SUDAH BANYAK MEMBANTU SAYA DAN KELUARGA SAYA DAN SEMOGAH AKI SELALUH SEHAT-SEHAT SAJA,AMIEN….!MAAF AKI KALAU BOLEH SAYA BERTANYA APA BOLEH SAYA MINTA TUYUL AKI SUPAYAH SAYA BISA CEPAT KAYA TRUSTRAN AKI SAYA CAPEK JADI TKI DI MALAYSIA,SAYA KEPENGEN PULANG KE INDONESIA BUKA USAHA DAN BISA KERJA MANDIRI AKI DAN TADI ANGKA AKI TEMBUS DAN SAYA MENANG SEBANYAK Rp 350 JUTA DAN INSYA ALLAH BESOK SAYA TRANSFER UANG SEBANYAK Rp 35 JUTA UNTUK SEWAH TUYULNYA DAN SAYA JUGA KhbE PENGENG BERIKAN AKI bj UANG SEBAGAI TANDA TERIMA KASIH SAYA SAMA AKI SEBANYAK Rp 10 JUTA KARENA AKI SUDAH MEMBANTU SAYA DENGAN ANGKA TOGEL AKI,JADI TOLONG DI TERIMA YA KI…?

      Hapus