Laman

Kamis, 13 April 2017

Ada Apa Dengan KTKLN, e-KTKLN dan SISKOTKLN?

Dalam beberapa minggu terakhir ini, isu tentang adanya pencekalan penerbangan terhadap BMI karena KTKLN kembali merebak dan meresahkan teman-teman BMI di beberapa negara penempatan.

BMI yang berencana cuti mendadak bingung mencari tahu kesana kemari, dan saking banyaknya info dari katanya-katanya yang mereka terima malah mengakibatkan kepanikan. Sedangkan BMI yang tidak berencana cuti juga ikutan bingung, maksudnya peduli dan ingin membantu teman-teman yang butuh info tapi jatuhnya malah sibuk menebar berita yang belum jelas, yang sumbernya juga hanya dari 'katanya-katanya".

Untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya terjadi, ada baiknya kita belajar memahami peraturan yang ada.

Apa itu KTKLN?

Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri atau yang disingkat KTKLN adalah kartu identitas bagi TKI yang memenuhi prosedur untuk bekerja di luar negri.

Hadirnya KTKLN di tahun 2011 dimulai dengan adanya Peraturan
Kepala Badan Nasional Penempatan Dan
Perlindungan TKI Nomor PER.04/KA/V/2011. Peraturan yang diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia; Moh Jumhur Hidayat, tersebut berisi tentang Petunjuk Teknis TKI yang Bekerja Secara Perseorangan/ Mandiri.

Sumber dasar hukum dari terbitnya peraturan tersebut adalah peraturan-peraturan yang sebelumnya sudah pernah ada, yakni:

- Undang-Undang RI Nomor 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri.

- Peraturan Presiden RI Nomor 81 tahun 2006 tentang Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.

- Instruksi Presiden RI Nomor 06 tahun 2006 tentang Kebijakan Reformasi Sistem Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri.

- Peraturan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Nomor PER 43/KA/SU-OKH/XII tahun 2007 tentang Tugas Fungsi dan Uraian Tugas Unit Eselon I, II, III dan IV di lingkungan BNP2TKI.

- Peraturan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Nomor PER-44/KA/XI/2008 tentang Petunjuk Teknis Mekanisme Pelayanan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN).

- Surat Edaran Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Nomor SE 03/KA/VIII/2009 tentang Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri.

KTKLN Ditolak Sebelum Menembak

Andai saja KTKLN itu nama orang, orang tersebut pasti patah hatinya karena ditolak gebetannya yang bernama BMI berkali-kali sebelum sempat menembak. Nah loh?!

Tetapi penolakan BMI terhadap KTKLN atau yang sering disebut BMI sebagai kartu setan itu bukan tanpa alasan. Kartu yang memuat data identitas TKI berupa foto, sidik jari (dua jari kanan-kiri), paspor, asuransi, uji kesehatan, PPTKIS, sertifikat pelatihan, sertifikat kompetisi, perjanjian kerja, jenis pekerjaan, nama negara penempatan, masa berlaku kartu, tempat penerbitan, tanggal berangkat dan embarkasih/debarkasih ini selain tidak terbukti ada kegunaannya juga merepotkan sekali proses pengurusannya. Terutama untuk BMI yang pulang  cuti dan tinggal jauh dari tempat pembuatan KTKLN, selain membuang-buang​ tenaga, waktu dan uang juga rentan kasus pemerasan dan pungutan liar (pungli).

Penghapusan KTKLN

Presiden Jokowi memutuskan dan mengintruksikan penghapusan setelah menerima banyaknya laporan dan keluhan TKI menyoal KTKLN. Masa berlaku KTKLN dalam bentuk fisik 'sebuah kartu' itu resmi berakhir di bulan Mei 2015

Munculnya Hantu Baru Bernama e-KTKLN

Berhubung KTKLN sebenarnya adalah amanat Undang-undang 39/2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri. Sebelum undang-undang yang menjadi sumbernya dihapuskan atau direvisi dengan menghilangkan poin yang mengamanatkan pendataan, maka sebagaimana persoalan overcharging, KTKLN tidak akan pernah benar-benar bisa mati dengan tenang.

Seiring terbitnya Permenaker No. 07 Tahun 2015 yang mengubah paradigma dalam penerapan pendataan TKI yang sebelumnya: 'TKI wajib mencatatkan diri' menjadi 'Negara wajib mendata TKI'. Maka KTKLN pun hidup kembali dengan wajah baru bernama e-KTKLN melalui Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN).

"KTKLN fisik kartunya memang ditiadakan dan penginputan data TKI menjadi gratis tapi soal pembayaran asuransi masih wajib dibayarkan oleh TKI sesuai ketentuan yang berlaku," begitulah kalimat Nusron yang dulu pernah dikutip sebuah media di pertengahan tahun 2015.

Pahami Informasi Sebelum Mendadak Sensi

KTKLN sudah resmi tidak berlaku, tapi sebaliknya keberadaan e-KTKLN resmi dimulai. Pengumuman sudah disampaikan pemerintah, selanjutnya apakah berita hanya akan menjadi angin lalu atau menjadi pengetahuan tentunya tergantung kepentingan kepada masing-masing orang yang bersangkutan.

Dibandingkan KTKLN, e-KTKLN entah karena memang diterima atau justru tidak dipedulikan keberadaannya, yang pasti sejak kehadiran resminya e-KTKLN tidak menuai penolakan dari BMI. Sepi.

Menurut hasil survei yang dilakukan  Independen Konseling BMI Hong Kong, sekitar 350-an orang BMI yang pernah cuti dalam kurun waktu akhir 2015, 2106 dan awal 2017 mengaku tidak lagi berurusan dengan KTKLN. Baik ketika di Bandara Kedatangan ataupun di Bandara Keberangkatan ketika akan kembali ke luar negeri, koresponden mengaku tidak ditanya-tanya tentang 'kartu setan'. Aman!

Dikarenakan masih minimnya pengetahuan akan peraturan baru yang sedang berlaku, bebas dari urusan KTKLN membuat sebagian BMI lupa bahwa keamanan itu bisa berarti beragam hal:

1. Aman karena keberuntungan atau karena keteledoran petugas bagian pengecekan data yang ogah-ogahan.

2. Aman karena sebenarnya tanpa sepengetahuan BMI yang bersangkutan datanya masih tercatat atau sudah dibantu memasukkan datanya ke dalam Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) oleh pihak Agency.

3. Aman karena faktor kelengkapan dokumen yang dibawa BMI. Sehingga petugas tidak perlu memeriksa hal lain-lainnya, meski sebenarnya BMI tersebut tidak memiliki e-KTKLN dan datanya tidak/ belum tercatat dalam Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN).

Seperti biasa, ketika peraturan pemerintah yang sedang berlaku belum benar-benar dipahami masyarakat, sudah keluar lagi peraturan baru dari pemerintah untuk menggenapi peraturan yang sudah terbit lebih dulu. Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi karena memang pihak Pemerintah Indonesia sedang berbenah di semua instansi. Tidak terkecuali instansi pemerintah bagian urusan Keimigrasian.

Demi mencegah dan meminimalisasi kasus pedagangan manusia (human trafficking), Departemen Keimigrasian Indonesia per Februari 2017 semakin memperketat pemeriksaan data warganya yang hendak berpergian ke luar negeri, tidak terkecuali untuk BMI. Dan hal inilah yang kemudian menjadi bahan berita hoak dan membuat isu KTKLN mendadak merebak. Rasa sensi mengalahkan ingatan akan pentingnya untuk cross cek informasi.

Memang benar telah terjadi beberapa pencekalan kepada BMI yang cuti dan BMI yang hendak berangkat bekerja ke luar negeri. Pencekalan itu bukan karena KTKLN, tapi karena yang bersangkutan tidak memiliki dokumen lengkap sebagai bukti ia bekerja secara resmi dan data-data yang bersangkutan belum tercatat di SISKOTKLN. Ingat semua Calon TKI/ BMI yang akan berangkat bekerja ke luar negeri harus melengkapi proses prosedural yang diwajibkan.
Pencekalan dalam pelanggaran hal ini tentunya bisa dibenarkan karena sudah sesuai peraturan pemerintah yang sah!

Menjawab Pertanyaan dan Keresahan Teman-teman BMI

Banyak teman-teman BMI yang bertanya tentang apa saja yang harus dipersiapkan ketika pulang cuti.

1. Hati! Yup siapkan hati Anda agar tenang dan tidak berpikir yang bukan-bukan.

2. Siapkan kelengkapan dokumen Anda; Tiket Pesawat, Paspor dan visa, Kontrak Kerja dan tambahkan Surat Cuti jika ada.

3. Jika ada waktu dan Anda merasa perlu untuk mengetahui data Anda apakah sudah tercatat di SISKOTKLN atau belum.
Silakan buka  www.bnp2tki.go.id dan masukkan nomor paspor atau nama Anda di kolom pengecekan data untuk memastikan apakah data Anda sudah terdaftar atau belum.

4. Jika data Anda sudah terdaftar di SISKOTKLN meskipun e-KTKLN Anda expired, ketika Anda pulang cuti TIDAK PERLU mengurus lagi.

5. Jika Anda tidak bisa menemukan data Anda di SISKOTKLN bisa jadi itu disebabkan:

~ Anda salah memasukkan nomor paspor atau nama Anda.

~ Data Anda sudah ada tapi ada kesalahan / perbedaan pengetikan ketika memasukkannya sehingga tidak bisa ditemukan datanya.

~ Data Anda memang tidak tercatat di SISKOTKLN karena pihak Agency/PJTKI Anda sengaja tidak memasukkannya atau bisa juga karena mereka tidak punya akses (security code) untuk memasukkan data Anda sebab mereka bukan Agency/PJTKI resmi.

Apapun itu fakta yang Anda temukan Jangan Panik! Kepanikan hanya akan membuat Anda kesulitan mencerna dan memahami informasi.

Bagaimana caranya agar data saya bisa terdaftar di SISKOTKLN? Apa yang sebaiknya harus saya lakukan?

Pertama, jika Anda ingin memasukkan data Anda ke dalam SISKOTKLN:
Anda bisa bertanya dan meminta Agency/PJTKI Anda untuk mendaftarkannya karena hal ini jika merujuk kepada peraturan yang ada adalah menjadi kewajiban dan tanggung jawab mereka!

Kedua, mulai pahami pokok permasalahan di sekitar Anda. Kenapa bisa ada tuntutan Hapus atau Revisi UU39/2004, KTKLN, E-KTKLN dan  SISKOTKLN. Jika Anda sudah paham, pikirkan apa yang semestinya Anda lakukan.

Anda bisa menjadikan tulisan ini sebagai bahan belajar, kemudian mengabaikan urusan ini tapi tetap hati-hati agar tidak bermasalah. Atau Anda bisa bergabung dengan semua Aksi Massa BMI untuk menolak semua jenis peraturan yang diskriminatif dan merugikan BMI di manapun berada. 

HK, 12 Maret 2017


 

3 komentar:

  1. Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan hubungi
    Ki Witjaksono di:O852-2223-1459
    supaya lebih jelas Kunjungi blog
    klik-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
      Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya dan beliau juga membantu untuk melariskan usaha/dagangan saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) atau anda yg punya usaha ingin melancarkan usaha anda jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





      Hapus
  2. Terpaksa sy ucapkn dsni bahwa cita-cita saya menjadi TKW yang sukses pulang di kampungku sudah tercapai, alhamdulillah.... awalnya aku ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa ..!!! terima kasih banyak kpd teman aku yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bsa kenal nma nya MBAH SARO PATI Guru spiritual PESUGIHAN dan ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. Tampa tumbal . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Hong Kong hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 823-9943-8557 & 082-399-438-557 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti aku . aminn

    BalasHapus