Laman

Kamis, 14 September 2017

Program Jaminan Sosial BMI Selain Berisiko Mengulang Kebijakan Koruptif Asuransi BMI Juga Bisa Memicu Kembali Persoalan Seputar Koreksi Data BMI


Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia dan berbagai pihak terkait, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beranggapan bahwa Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja Indonesia yang per 1 Agustus 2017 resmi diserahkan pengelolaannya kepada BPJS Ketenagakerjaan akan menjadi skema perlindungan  'single risk management' yang lebih baik bagi Buruh Migran Indonesia. Sebab dengan adanya peralihan pengelolaan Asuransi BMI dari konsorsium perusahaan asuransi (swasta) menjadi tanggung jawab Lembaga Negara, secara tidak langsung membuktikan kehadiran negara dalam perlindungan BMI. Sepintas, kebijakan ini terbaca sangat tepat dan sudah semestinya diterima serta mendapatkan dukungan dari semuanya. Namun jika dilihat secara kritis dan dipahami lebih jauh, masih ada banyak hal seputar BPJS Ketenagakerjaan untuk BMI yang perlu dipertanyakan, di-evaluasi dan di-kritisi.

Dasar Landasan Hukum BPJS Ketenagakerjaan TKI Belum Kuat

Pada 28 Juli 2017, Pemerintah  telah menerbitkan Permenaker No.7 Tahun 2017 yang berisi tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja Indonesia. Peraturan tersebut intinya menyatakan pengalihan penyelenggaraan asuransi bagi buruh migran Indonesia yang tadinya dikelola melalui sejumlah perusahaan asuransi yang tergabung dalam konsorsium menjadi progam jaminan sosial yang diselenggarakan oleh BPJS.

Selain Permenaker tersebut di atas, tidak ada satu pasal pun dalam UU No.40 Tahun 2004 tentang SJSN yang mengatur soal jaminan sosial bagi BMI. Sementara itu UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) hanya mengamanatkan BPJS untuk menyelenggarakan 5 jenis jaminan sosial yaitu Jaminan Kesehatan (JKN), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JKM). Tidak ada kalimat mengamanatkan hal-hal yang berhubungan dengan BMI.
 
Sedangkan untuk UU No.39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri, juga tidak ada menyebutkan tentang jaminan sosial. Undang-undang ini hanya memerintahkan agar TKI ikut program jaminan sosial tenaga kerja (jamsostek) dan/atau wajib memiliki polis asuransi.

Permenaker No.7 Tahun 2017 ini terkesan seperti dipaksakan terbit hanya karena konsorsium asuransi BMI harus berakhir pada akhir Juli 2017. Sementara pada saat yang sama DPR dan pemerintah sendiri belum menyelesaikan proses revisi UU PPTKILN yang sudah berjalan bertahun-tahun.

Selama undang-undang baru yang seharusnya mengamanatkan dan bisa menjadi landasan hukum untuk pengubahan konsep hukum asuransi BMI sebagaimana norma Pasal 68 UU No. 39 Tahun 2004 menjadi konsep hukum jaminan sosial dan atau asuransi sosial yang diselenggarakan oleh badan publik seperti BPJS saja belum sah, bagaimana bisa BPJS Ketenagakerjaan BMI punya landasan hukum yang kuat?

BPJS Ketenagakerjaan TKI masih Abu-abu dan Rentan Penolakan Seperti KTKLN

Jika ditelaah, Permenaker yang dikeluarkan Menteri Hanif Dhakiri masih memberi celah adanya potensi munculnya persoalan di lapangan saat kebijakan ini diimplementasikan. Terutama dari sisi ketidakjelasan siapa subyek yang wajib membayar iuran Jaminan Sosial BMI.

Secara mendasar Permenaker 7/2017 pada pasal 2 ayat 2 menyebutkan bahwa jenis Jaminan Sosial BMI ada 4 macam, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT). Secara rinci pada pasal-pasal berikutnya disebutkan bahwa keikutsertaan BMI pada JKK dan JKM bersifat WAJIB, sementara pada JHT bersifat sukarela.

Permenaker terlihat abu-abu alias tidak jelas dalam mengatur siapa yang sebenarnya memiliki kewajiban membayar Iuran Jaminan Sosial BMI, apakah BMI? Pelaksana Penempatan? atau Pengguna Jasa (Majikan/Perusahaan)? Pada bagian ketentuan umum Permenaker tidak menjelaskan definisi kata 'Iuran' dari kalimat 'Pelaksana Penempatan wajib membayarkan iuran program JKK, JKM, dan JHT kepada BPJS Ketenagakerjaan sesuai program yang diikuti'.

Makna kata 'membayarkan' jelas berbeda dengan makna kata 'membayar', kata 'membayarkan' pada prakteknya dapat dijalankan dengan memungut/ mengambil paksa uang dari BMI dan posisi pelaksana penempatan hanya sebagai pihak yang membantu menyerahkan uang kepada BPJS Ketenagakerjaan. Jika memang BMI sendiri yang harus membayar, mengapa mesti dibayarkan oleh pihak lain, mengapa tidak diberikan hak kepada BMI sendiri untuk membayarkannya?

Sedangkan jika kita mau mengingat, sebelumnya dalam kebijakan Program Asuransi BMI yang sudah jelas-jelas mewajibkan PPTKIS 'membayar' asuransi BMI,  pada prakteknya di lapangan terjadi banyak penyelewengan, BMI menjadi subjek/ sapi perah yang dipaksa membayar asuransi yang secara hukum sebenarnya menjadi kewajiban PPTKIS! 

Bahkan secara sistematis dan sewenang-wenang pemerintah juga mendukung tindakan pemaksaan tersebut dengan membuat sistem untuk mengontrolnya, yakni KTKLN.
BMI wajib memiliki KTKLN, untuk memiliki KTKLN wajib membayar Asuransi BMI, jika tidak memiliki KTKLN maka akan semena-mena dicekal atau ditolak keberangkatannya ke luar negeri oleh petugas Imigrasi di Bandara Keberangkatan. Sebuah cara yang mengkondisikan BMI dalam keadaan tak ada pilihan selain harus mengurus dan membayar polis asuransi.

Sebagaimana KTKLN,  ketidakjelasan siapa subjek yang wajib membayar iuran dalam Jaminan Sosial BMI juga akan berpotensi melahirkan penolakan karena dianggap sebagai pemaksaan dan berpotensi menimbulkan tindak pemerasan yang sama yang dikhawatirkan juga berujung pada tindak koruptif.

BPJS Ketenagakerjaan BMI Memicu Kembali Persoalan Seputar Koreksi Data BMI

Menurut informasi yang beredar, untuk BMI yang sudah atau sedang bekerja di luar negeri, jaminan sosialnya sementara masih ditanggung oleh asuransi konsorsium sebelumnya sampai berakhirnya kontrak kerjanya. Sedangkan untuk pendaftaran dan pembayaran selanjutnya akan dilakukan oleh pelaksana penempatan melalui BNP2TKI atau PP2TKI dengan kode pembayaran yang diberikan kepada peserta lalu dibayarkan peserta melalui Bank yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Persyaratan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk BMI harus mengisi formulir pendaftaran, fotocopy E-Ktp dan KK dan Fotocopy perjanjian kerja. Serta membawa dokumen yang sudah lengkap ke kantor cabang terdekat untuk di proses lebih lanjut.

Total uang pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan BMI adalah sebesar Rp 370.000 dengan perincian hitungan; sebelum penempatan atau pada masa pelatihan selama 5 bulan membayar Rp 37.000 (JKK dan JKM), setelah dan selama masa penempatan 24 + 1 bulan + spare waktu 1 bulan selama di negara penempatan membayar iuran Rp 333.000 (JKK dan JKM).

Masalahnya bukan hanya pada berapa jumlah nominal uang yang mesti dibayar tapi lebih dari itu, persyaratan kepersertaan dan klaim BPJS Ketenagakerjaan yang mengharuskan BMI menggunakan data asli (E-KTP dan KK) juga memicu kembali keresahan BMI seputar persoalan koreksi data.

Jika BPJS Ketenagakerjaan hukumnya DIWAJIBKAN maka secara tidak langsung juga menjadi ancaman sekaligus dilema bagi para BMI yang memiliki data berbeda antara Paspor, e-KTP dan KK yang berkemungkinan diwajibkan juga untuk mengurus dan melakukan koreksi/ penyamaan data.

Payung Hukum BPJS Ketenagakerjaan Belum Jelas dan Belum Luas

Pertanyaan penting lainnya sehubungan  BPJS bagi  BMI adalah apakah payung hukum yang tersedia akan benar-benar sanggup mengakomodir keragaman karakter migrasi di negara tujuan BMI? Secara karakter setiap negara tujuan/ penempatan BMI berbeda-beda, tidak sama dengan persoalan BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia.

Semisal benar seperti pernyataan perwakilan pihak BPNP2TKI dalam dialog soal BPJS Ketenagakerjaan di Hong Kong yang ingin menjadikan BMI Hong Kong sebagai rule model bagi BMI di negara penempatan lainnya, tentunya terlalu mengada-ada dan bisa ditengarai sebagai usaha menafikkan kenyataan bahwa BMI di masing-masing negara penempatan memiliki kendala dan persoalannya sendiri. Jadi bagaimana negara satu bisa menjadi contoh negara lainnya sementara karakter, peraturan dan sistemnya berbeda?

Selain itu menyoal cakupan (coverage) pertanggungan atas risiko yang dialami BMI, apakah sudah lebih baik atau minimal sama dengan program Asuransi BMI yang sebelumnya?

BPJS Ketenagakerjaan saat ini disebutkan hanya menanggung 6 dari 13 coverage perlindungan BMI yang awalnya ditanggung konsorsium asuransi BMI.

Ketujuh resiko yang tidak ditanggung BPJS Ketenagakerjaan adalah resiko PHK, BMI dipindah tempat kerja tidak sesuai dengan perjanjian kerja, upah tidak dibayar, gagal berangkat, gagal ditempatkan bukan karena kesalahan BMI, pemulangan BMI bermasalah, serta resiko ketika BMI menghadapi masalah hukum.

Sementara menurut data BPNP2TKI, data klaim asuransi di tahun 2014 s.d 2016, tiga permasalahan terbesarnya adalah untuk pemulangan BMI bermasalah (42,55%), PHK (32,91%) dan BMI sakit (13,86%).

Dengan merujuk pada data bisa kita lihat bahwa masih dibutuhkan adanya perluasan payung hukum dan jaminan risiko dari BPJS  Ketenagakerjaan agar bisa mengakomodir ciri khas dan keragaman risiko migrasi yang dialami BMI secara utuh.

BPJS Ketenagakerjaan BMI Masih Butuh Sosialisasi Lebih dan Sistem Pencegahan Untuk Tindak Koruptif

Hal terpenting yang seharusnya tidak diabaikan adalah  apakah sudah ada atau belum kajian yang mendasar dan mendalam untuk menghindari risiko atau peluang munculnya kebijakan koruptif dalam pengelolaan iuran BPJS Ketenagakerjaan di masa mendatang dan pelbagai deret pertanyaan terkait mekanisme dan pelayanan klaim-nya.

Sebab jika belajar dari pengalaman yang ada sehubungan pengelolaan asuransi oleh konsorsium sebelumnya, tidak berlebihan jika Iuran Jaminan Sosial BMI kedepannya akan berpotensi hanya menjadi 'kantong ajaib' yang berfungsi sekadar untuk menampung uang atas nama perlindungan BMI, sementara kemana larinya uang pada akhirnya tidak bisa dilacak.

Menurut pendapat pribadi penulis, pada dasarnya peralihan dari Konsorsium Asuransi BMI komersial kepada penyelenggara badan publik, seperti BPJS Ketenagakerjaan ini, sudah semestinya bisa diterima dan perlu didukung karena merupakan wujud dari tuntutan bersama atas kehadiran negara dalam perlindungan buruh migran Indonesia dan juga sudah merupakan rekomendasi dari KPK.

Namun Informasi tentang program Jaminan sosial BMI sendiri belum tuntas disosialisasikan karena itu wajar dan sudah seharusnya banyak hal yang perlu ditanyakan, dikritisi dan dievaluasi oleh berbagai pihak terkait agar semakin menjadi lebih baik. Terutama bagaimana seharusnya BMI atau minimal perwakilannya dilibatkan dalam pembahasan hal ini, sehingga BMI tidak ditempatkan hanya sebagai obyek saja.

Hong Kong, 12 - 13 September 2017

8 komentar:

  1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyangka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendapatkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
      NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355)
      BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
      >>>>>TOTO TOGEL 2D 3D 4D KLIK DISINI <<<<<
      DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL















      Hapus
    2. Perkenalkan nama sy ibu fitri. sebelumnya sy ingin berbagi cerita kpd anda semua bahwa dulunya sy orang susah alias miskin kerja cuman sebagai tukan cuci waktu itu sy sempat putus asa tapi kebetulan ada teman sy menyarankan untuk mencoba menghubungi aki mupeng dan sy langsung hubungi alhasil dia mau membantu sy untuk merubah nasib dgn jalan togel. angka yg diberikan benar benar tembus sekali lagi makasih aki atas apa yg kau berikan kepada sy dan kini sy udah bangkit lagi dan buka usaha sembakau dirumah dan suami sy buka benkel. jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi/sms AKI MUPENG di 085294450976 atau KLIK DISINI insya allah angka beliau di jamin tembus dan beliau akan menbantu anda selama 3x putaran berturut-turut akan memenangkan angka togel dan ingat kesempatan tidak datang 2x,trima kasih.

      Hapus
  2. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu...
    Mohon maaf bilah kedatangan saya mengganggu. Perkenalkan nama saya Widia Ningrum asal magelang seorang mantan PRT duluh kerja di kota malaka malaysia selama 8 tahun lamanya. Singkat cerita..saya sangat berterima kasih kpd MBAH KARTABAYA atas bantuan beliau melalui pemasangan nomer togel 6D Nya alhamdulillah saya menang RM,257.000 uang indo kurang lebih 770 juta. saya tidak menyangka kalau saya bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH KARTABAYA, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya rumah dan usaha sendiri itu semua atas bantuan beliau. Saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyakNya orang yg saya telpon dari google untuk minta bantuanNya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang saya tambah banyak. Beliau juga bisa membantu melalui pesugihan uang gaib tanpa tumbal, Pelet, Pelaris, Nomer togel 4D/5D/6D.. Bagi anda yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah hubungi MBAH KARTABAYA di nomer 085280923347 / +6285280923347 Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah dan muda2han anda cocok dan beliau bisa membantu anda seperti saya. Sekian dan terima kasih atas tumpangannya semoga dengan adaNya pesan singkat ini semua bisa merubah nasib...





    Wassalam...



    BalasHapus
  3. Saya ibu:lilis pengunjung baru di blog ini ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada
    Aki wali Sentono karna berkat bantuan pesugihan putih sebesar 3 Miliar yang Aki berikan saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan Aki wali Sentono awalnya saya kurang yakin dengan adanya pesugihan tapi dengan ekonomi tidak perna bercukupan di tambah hutang lagi menumpuk sudah berapa banyak paranormal yang saya hubungi tidak ada satupun yang berhasil malahan hutang-hutang saya bertambah banyak cuma Aki wali Sentono yang memberikan hasil melalui bantuan pesugihan putihnya akhirnya saya bisa sukses kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya ini semua berkat bantuan Aki wali Sentono bagi teman-teman semua punya masalah ekonomi / terlilit hutang mau sukses seperti saya silahkan hubungi atau sms di No. 0823=9369=4699 Aki wali Sentono atau kunjungi website Klik disini PESUGIHAN DANA GAIB SUCI saya akui beliau paranormal yang bisa di percaya karna betul betul memberikan hasil inilah kisa nyata dari saya ibu lilis tidak ada unsur kebohongan dalam hal ini terima kasih..

    BalasHapus

  4. Terma ksih banyak kpd teman sy yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses sy baca. sy bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Hongkong hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikan galak. salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Sy sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti sy .




    BalasHapus
  5. Mbah Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dengan Berbagai Masalah Terutama Masalah Ekonomi,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik.Untuk Menyampaikan Salah Satu Postingan Komentar Seseorang Yang Pernah Mbah Bantu Untuk Mengatasi Masalah Perekonomiannya.Ini Kutipan Komentarnya :Ulfa Zulfi · `Arab, Jizan, Saudi Arabia
    Saya TKW TKI asal tasikmalaya jawa barat,skrg saya tinggal di kota jihan arab saudi sebagai pembantu,Saya sering di pukuli dan di maki majikan.Saya ulfa zulfi tdk tahan dgn perlakuan majikan,saya tdk pernah di ijinkan pulang ke indonesia,selain itu saya sering di perjualbelikan di pihak ke tiga tanpa mendapatkan hak-hak saya.Majikan perempuan saya sering memukuli saya.Dan sekarang ini majikan saya mau memperjualbelikan saya dgn harga sebesar 35 riyal saudi.Saya ingin pulang,majikan mengatakan biaya harus di tanggung sendiri,saya pusing memikirkannya,saya coba menghubungi teman saya sepropesi di kota apha ternyata hpnya masih aktif,lalu saya ceritakan kejadian yang menimpaku,teman saya peduli dgn saya.lalu dia pun bercerita kapada saya katanya dia dapat angka ghoib atau angka 4D dari Mbah Karwo Marisyam yaitu 2292 dia pasang dan angka ini tembus 100% togel singapura,dan teman saya menang 450 juta.kebutuhan keluarga teman saya sudah terpenuhi dan sebagian katanya di tabung di bank utk persiapan kedepannya.Saya pun minta bantuan sama teman saya,katanya nomor hp Mbah Karwo Marisyam dia dapat dari internet lalu saya minta nomor hpnya,lalu saya hubungi Mbah Karwo Marisyam utk meminta bantuannya.singkat cerita saya pun di beri angka ghiob juga dan tembus 4D atau 4 angka.Terimakasih Mbah Karwo Marisyam.Dan akhirnya saya melapor ke posportki utk di pulangkan ke indonesia.bagi teman2 yg ingin mencoba keberuntungan melalui jalur togel,ini ada nomor hp Mbah Marisyam 0852 3162 7267pesan saya; jgn putus asa,mentari msh bersinar,msh ada harapan utk hari esok.tak ada salahnya anda mencoba keberuntungan dari angka ghoib/ritual Mbah Karwo Marisyam.trmksh

    BalasHapus
  6. Q kerja di Hongkong 3 THN dlu Amat trsiksa Majikan gak baik Tiap hari di marahin kerja terus 24 jam jarang istrahat tidur mlm Kerja sampe subuh pgi klo lagi libur sekolah sibuk masak" boro" bisa istrirahat, pokoknya kerja.. kerja truss... jd TKW Bikin kapok tersiksa batin 3 THN, kebetulan wktu itu ada teman Q kenal namanya Mbah Jenggot di facebook, awalnya Q ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa..!! katanya sering di bantu sm beliau. ternyata dia seorang guru spritual Pesugihan Anka Togel 2D sampai 6D dan Pesugihan Dana Ghaib , tp Q beranikan diri coba telpon beliau. Tp Q memilih Pesugihan Dana Ghaib nya. Alhamdulillah benar2 terbukti nyata hasilnya, Q di Hongkong bisa pulang ke indonesia degan selamat jg dah Alhamdulilah ���� jika ada teman minat ingin tlpn beliau ini nmr nya +6282291277145 smg bisa di bantu sprti Q. Amin...

    BalasHapus