Laman

Rabu, 27 Desember 2017

Dramatisasi Penolakan Ustaz Abdul Somad di Hong Kong


Berita Abdul Somad ditolak untuk masuk Hong Kong ketika akan mengisi sebuah acara dakwah yang rencananya berlangsung pada hari Minggu (24/12) melintas di beranda Facebook saya. Kabarnya Ustaz tersebut langsung dideportasi oleh pihak Imigrasi HK tidak lama setelah tiba di Bandara. Media sosial menjadi ramai, postingan Abdul Somad yang viral, berhasil mengundang reaksi dan komentar dari para netizen.


Di berbagai media daring muncul beragam berita sehubungan penolakan Somad oleh Hong Kong, yang rata-rata berisi kutipan klarifikasi kejadian oleh Somad sendiri, pernyataan pengacara Somad, tanggapan kementerian luar negeri, kutipan komentar Fahri Hamzah, opini orang-orang dan lain sebagainya. Sebagian besar berita yang hanya sepotong-sepotong tersebut mengandung dramatisasi, mengundang netizen yang pro dan kontra untuk semakin berprasangka dan berkomentar kemana-mana tidak fokus pada duduk pokok permasalahan yang sebenarnya.

Apa Somad Satu-satunya Orang yang Mengalami Penolakan oleh Hong Kong?

Jika kita menyimak berita-berita sebelumnya, sudah ribuan orang yang ditolak masuk ke Hong Kong sejak tahun 2013. Menurut data Departemen Imigrasi Hong Kong yang pernah dikutip SCMP, Asia Pasifik adalah wilayah terbanyak kedua yang warganya kerap ditolak memasuki Hong Kong. Sedangkan jumlah terbanyak pertama yang ditolak memasuki wilayah HK adalah Warga China daratan! Jadi jika muncul isu di Indonesia, penolakan Somad itu adalah campur tangan pemerintah Indonesia dan Tiongkok, sepertinya terlalu mengada-ada. Warga Tiongkok sendiri loh sering dan bisa mengalami penolakan oleh HK.

Dan lagi, kasus penolakan terhadap kedatangan aktivis dakwah asal Indonesia di Hong Kong sebenarnya bukan yang pertama kalinya terjadi. Somad bukan satu-satunya orang yang pernah ditolak pihak Imigrasi HK. Sebelumnya pada Maret 2015, juga pernah ada dua orang ustaz asal Indonesia yang ditolak dan tidak bisa memasuki Hong Kong untuk mengisi acara dakwah dan rukiyah. Sama halnya dengan Somad, keduanya juga tidak sempat keluar dari Bandara dan langsung dideportasi ke tanah air. Sampai saat ini tidak pernah ada penjelasan dan tidak ada jawaban memuaskan dari pihak imigrasi Hong Kong ihwal larangan masuk tersebut.

Sebagai konselor BMI, kasus penolakan visa, deportasi dan tidak adanya penjelasan sama sekali dari pihak Imigrasi HK bukan hanya kepada orang asing yang akan memasuki Hong Kong, tapi saya ketahui juga sudah dialami beberapa teman BMI yang sedang berada dan bekerja di Hong Kong.

Apa ini Akibat Isu Radikalisasi?

Publikasi hasil Studi think tank Institute for Policy Analysis of Conflict Agustus lalu yang menyebutkan adanya 43 pekerja domestik asal Indonesia yang teradikalisasi di Hong Kong memang otomatis membuat pemerintah Hong Kong waspada terhadap WNI.

Menurut kutipan media HK, SCMP, pada tahun 2012, hanya 5.833 orang yang berasal dari kawasan Asia Pasifik yang ditolak visanya dan tidak bisa memasuki Hong Kong. Kemudian jumlah ini meningkat pesat antara 2014 dan 2015, dari 6.164 menjadi 11.491 orang. Jumlah orang yang dideportasi ketika baru menginjakkan kaki di Hong kong mencapai antara 42.177 hingga 56.855 orang.

Menurut konsultan keamanan dan mantan kepala polisi Hong Kong Clement Lai Ka-chi kepada SCMP, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang bisa ditolak untuk memamasuki Hong Kong. Di antara faktor-faktor tersebut, adalah adanya ancaman tindak kejahatan internasional, latar belakang seseorang, kebangsaannya, dan riwayat perjalanannya.

Sampai saat ini, tingkat ancaman teroris di Hong Kong tidak terlalu besar, berada di level "menengah", artinya belum ada info intelijen yang mengatakan HK menjadi target serangan teroris. Tetapi Hong Kong memang sudah memasang sinyal waspada karena nenyadari wilayahnya menjadi tempat tinggal beberapa simpatisan ISIS yang bertugas membantu penyaluran dana dan perjalanan anggota ISIS ke Suriah.

Apa Hong Kong Menolak Orang-orang Tertentu Hanya Karena Termakan Isu Radikalisasi?

Tidak! Bisa jadi dan tidak menutup kemungkinan Hong Kong menolak para ustaz karena isu radikalisasi atau Isu ISIS. Tapi Oktober 2017 kemarin, Hong Kong juga sempat dikecam dunia internasional karena menolak kedatangan aktivis hak asasi manusia asal Inggris, Benedict Roger.

Jadi yang dianggap ancaman bagi Hong Kong bukan hanya isu radikalisme, tapi juga isu Demokrasi dan HAM atau orang-orang yang dianggap menyuarakan demokrasi dan hak asasi manusia. Hal ini berhubungan dengan masalah sistem pemerintahan dan politik China atas HK yang berada di bawah pengawasan Partai Komunis yang anti terhadap reformasi dan demokratisasi yang saat ini menjadi tuntutan sebagian besar warga HK. China menggunakan tangan politiknya untuk melarang dan mengusir orang-orang yang berpotensi mengganggu kendali pemerintahannya di Hong Kong.

Apa yang Bisa Dilakukan Pemerintah Indonesia atas Kejadian Ini?

Netizer ribut, menghubungkan dan menyambungkan apa yang dialami Somad dengan Jokowi, intelligent, orang yang benci Somad dan lain-lain. Apa yang terjadi terhadap WNI di wilayah kekuasaan penuh negara lain seolah-olah adalah salah pemerintah Indonesia. Semua salah Indonesia dan yang nyalah-nyalahin ya orang Indonesia. Miris.

Kecewa dan menyesalkan atau sekadar bersimpati pada apa yang dialami Somad sih boleh saja. Tapi jangan sampai perasaan-perasaan dan prasangka-prasangka membutakan mata kita semua. Minimal kita mesti memahami bahwa dalam praktik di dunia internasional, penolakan suatu negara terhadap warga negara asing merupakan hak berdaulat masing-masing negara. Dan negara tersebut berhak untuk tidak memberikan penjelasan kepada siapapun (baik kepada orang asing ataupun kepada pemerintah negara asal orang asing tersebut)
.
Aktivitas Dakwah Membutuhkan Visa & Dokumen Pendukung lainnya.

Terlepas dari isu-isu yang berat, berdasarkan pengalaman pribadi saya yang kerap menangani permasalahan BMI dan kasus seputar Imigrasi, saya melihat ada hal penting yang terlewatkan untuk dibahas dalam kasus Somad. Yakni urusan visa dan kelengkapan dokumen Somad. Untuk melakukan aktivitas dakwah/ kegiatan pendidikan, menghadiri atau mengikuti seminar dan kegiatan resmi lainnya dibutuhkan 'visa khusus' (tidak bisa dengan menggunakan visa wisata) dan dokumen tambahan dari pihak yang mengundang. Sudahkah Somad dan panitia yang mengundang memenuhi semua syarat tersebut? Jika belum, maka penolakan dan deportasi adalah hal yang wajar dan bisa diterima.

Secara pihak Imigrasi manapun tidak akan membiarkan orang asing memasuki negaranya untuk berbisnis tanpa ijin. Dakwah? Bagi teman-teman yang berada atau pernah di Hong Kong, pasti sudah paham bahwa kegiatan dakwah di HK dengan mengundang Ustaz kondang dari Indonesia tidak ada bedanya dengan seminar bisnis atau workshop lainnya yang "tidak gratis".  Dan tanpa perlu ada yang melapor ke Imigrasi, kegiatan seseorang yang sudah terkenal dan viral bisa diketahui dari jejak digitalnya di internet. Jadi sebenarnya bukan hal yang mengherankan andai Somad memang tidak bisa memenuhi syarat dokumen yang dibutuhkan kemudian menghasilkan penolakan. Tidak semestinya didramatisasi, apalagi menjadi bahan perdebatan yang hanya menghasilkan permusuhan di antara saudara sesama Muslim Indonesia.

HK, 26/12/ 2017




8 komentar:

  1. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, Awal mula saya ikut pesugihan, Karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga 900jt membuat saya nekat melakukan pesugihan, hingga suatu waktu saya diberitahukan teman saya yang pernah mengikuti penarikan uang ghaib dengan AKI SOLEH JAFFAR menceritakan sosok AKI SOLEH JAFFAR, saya sudah mantap hati karena kesaksian teman saya, singkat cerita saya mengikuti saran dari pak.aki saya harus memilih penarikan dana ghaib 1 hari cair dengan tumbal hewan dan alhamdulillah keesokan harinya saya di telepon oleh pak aki bahwa ritualnya berhasil dana yang saya minta 3Milyar benar-benar masuk di rekening saya, sampai saat ini saya masih mimpi uang sebanyak itu bukan hanya melunaskan hutang ratusan juta bahkan mampu membangun ekonomi saya yang sebelumnya bangkrut, kini saya mempunyai usaha di jakarta dan surabaya yang lumayan besar, saya sangat bersykur kepada allah dan berterimakasih kepada pak. AKI SOLEH JAFFAR berkat beliau kini saya bangkit lagi dari keterpurukan. Jika ada teman-teman yang sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi saya sarankan untuk menghubungi ki sholeh jaffar di nomor ini HUBUNGI WHATSAPP 0853-7778-3331 agar di berikan arahan Atau KUNCI PESUGIHAN UANG GAIB HARI INI




























    Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, Awal mula saya ikut pesugihan, Karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga 900jt membuat saya nekat melakukan pesugihan, hingga suatu waktu saya diberitahukan teman saya yang pernah mengikuti penarikan uang ghaib dengan AKI SOLEH JAFFAR menceritakan sosok AKI SOLEH JAFFAR, saya sudah mantap hati karena kesaksian teman saya, singkat cerita saya mengikuti saran dari pak.aki saya harus memilih penarikan dana ghaib 1 hari cair dengan tumbal hewan dan alhamdulillah keesokan harinya saya di telepon oleh pak aki bahwa ritualnya berhasil dana yang saya minta 3Milyar benar-benar masuk di rekening saya, sampai saat ini saya masih mimpi uang sebanyak itu bukan hanya melunaskan hutang ratusan juta bahkan mampu membangun ekonomi saya yang sebelumnya bangkrut, kini saya mempunyai usaha di jakarta dan surabaya yang lumayan besar, saya sangat bersykur kepada allah dan berterimakasih kepada pak. AKI SOLEH JAFFAR berkat beliau kini saya bangkit lagi dari keterpurukan. Jika ada teman-teman yang sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi saya sarankan untuk menghubungi ki sholeh jaffar di nomor ini HUBUNGI WHATSAPP 0853-7778-3331 agar di berikan arahan Atau KUNCI PESUGIHAN UANG GAIB HARI INI






    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Atas Nama IBU SRI MUSDALIFHA kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas bantuan nomor togel.nya yang AKI
      berikan (keputusan 6D) yaitu ((( 0 9 9 5 3 7 ))) alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI.
      sekali lagi makasih banyak ya AKI bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,DI NO Cll (((-083-313-336-74- )))
      insya allah anda bisa seperti Saya menang togel 145
      juta, wassalam.

      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....

      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

      1"Dikejar-kejar hutang

      2"Selaluh kalah dalam bermain togel

      3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

      4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

      5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
      tapi tidak ada satupun yang berhasil..

      Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
      anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
      butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
      100% jebol
      Apabila ada waktu
      silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: Cll (((-083-313-336-74-)))
      KLIK DISINI ((((( BOCORAN TOGEL HARI INI ))))

      Atau Chat/Tlpn Di WhatsApp (WA) No WA AKI :082-313-336-747

      KLIK DISINI ( TEMPAT PESUGIHAN NO 1 DI INDONESIA )
      angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
      angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
      angka GHOIB; malaysia
      angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
      angka GHOIB; laos

      Hapus
  2. Salam sejahterah saya ucapkan bagi kita semua.. Mohon ijin share disini muda2han dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat kepada anda.. Saya sekeluarga sangat berterima kasih banyak kepada aki Cahyono atas bantuan beliau melalui PENARIKAN UANG GAIB sebesar 1 miliar sekarang hidup saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.. Sudah banyaknya paranormal yang saya hubungi di internet tidak ada satu pun yang berhasil malah hutang saya tambah banyak.. Padahal awalnya saya cuma buka internet secara tidak sengajah kok ketemu situs beliau saya baca semua isi situs tersebut dan akhirnya saya tertarik dan pada saat itulah saya telpon Aki Cahyono di nomer +6285213737273.. Beliau sudah menjelaskan semua caranya akhirnya saya melaksanakan yang disampaikan dan saya di haruskan untuk menunggu selama 3 hari.. Singkat cerita selama 3 hari saya menunggu alhamdulillah uang itu bener2 ada di rekening saya..
    http://1inmedia.blogspot.com merupakan sebuah situs yang sangat membantu dan membimbing saya berjalan lurus ke jalan yang tepat untuk menuju kekayaan yang sebenarnya. Karena pada hakekatnya setiap manusia bisa menjadi kaya hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah anda..

    »»»Thanks you brader«««




    BalasHapus
  3. Terpaksa sy ucapkn dsni bahwa cita-cita saya menjadi TKW yang sukses pulang di kampungku sudah tercapai, alhamdulillah.... awalnya aku ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa ..!!! terima kasih banyak kpd teman aku yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bsa kenal nma nya MBAH SARO PATI Guru spiritual PESUGIHAN dan ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. Tampa tumbal . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Hong Kong hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 823-9943-8557 & 082-399-438-557 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti aku . aminn

    BalasHapus
  4. Salam Sejahterah Bagi Kita Semua...
    Mohon Maaf Bilah Kedatangan Aku Mengganggu Namun Apa Yang Aku Tulis Ini Kisah Nyata Aku Dan Semoga Ada Nya Pesan Singkat Ini Bisa Bermanfaat Kepada Anda Semua.. Aku Sangat Berterima Kasih Banyak Kepada Teman" TKW Dan TKI Berkat PostinganNya Saya Bisa Kenal Dengan Abah Cahyono, Ternyata Beliau Guru Spiritual Yang Sering Membantu Orang Melalui Nomer Togel 4D/5D/6D, Dana Gaib, Pelaris, Pelet, DLL.. Alhamdulillah Aku Sudah Pulang Kampung Membuka Usaha Kecil"Lan Berkat Bantuan Abah Cahyono Melalui Bantuan Dana GaibNya Sebesar 1 Milyard Hidup Aku Sudah Jauh Lebih Baik Dari Sebelumnya.. Anda Perlu Berhati Hati Sekarang Sudah Banyak Modus Penipuan Yang Mengatas Namakan Anggota Dari Abah Cahyono, Siapa Tahu Ada Teman Butuh Bantuan Beliau Silahkan Hubungi Di Nomer PribadiNya +6285213737273 Siapa Tahu Beliau Masih Bisa Membantu Anda..




    BalasHapus

  5. Assalamualaikum siapa tau bisa membantu anda. Dan aku mau cerita kisah nyata dalam kesuksesan aku selama ini. Aku dulu anak petani 3 bersaudara aku anak ke 3, 3tahun lalu orang tuaku pusing karna banyak hutangnya gara-gara aku di sekolahkan sampai lulus kuliah, tapi aku diam2 mencari cara supaya semua hutang orang tuaku bisa terlunasi. Waktu itu aku buka-buka facebook aku dapat website https://pesugihanputihislamia.blogspot.co.id/2018/01/pesugihan-putih-islami-uang-ghaib.html?m=1. aku buka di google. Alhamdulillah sekarang orang tuaku tidak punya beban lagi sama orang. Awalnya memang takut hubungi nomer beliau karna kata orang larangan agama. Setelah dengar arahan mbah suroto ternyata bukan juga jalan sesat. Tergantung keyakinan dan kepercayaan saja. Banyak pilihan di berikan yaitu Dana Hibah, penglaris usaha dagan, dana ghaib, anka ghaib togel, jampi pelet, dll tergantung dari keyakinan kita juga dan tidak ada namanya tumbal. Mungkin ada teman mau hubungi langsung beliau ini nomernya 0822 9127 7145 terima kasih..


    BalasHapus
  6. Asalamu alaikum...
    Mohon dimaafkan jika postingan ini menyinggung perasaan anda. tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya waktu jadi Tkw. Perkenalkan terlebih dahulu nama saya Rahma Putri biasa di panggil Putri, dulu Saya bekerja di Singapura jadi TKI, tapi saya sudah menyerah dengan keadaan disana . Dulu waktu mau pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos. saya mulai putus asa, gaji pun tidak cukup di kirim ke indonesia buat orang tua, sedangkan hutang banyak, kebetulan buka-buka internet mendapatkan website https://pesugihandanaghaib9.blogspot.co.id/2018/03/tki-sukses.html?m=1. waktu itu saya langsung buka alamat tersebut. Dan Kebetulan ada nama Mbah Suro katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan Pesugihan Dana Gaib. dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri menhubungi langsung nomernya +6282354640471 dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya. Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya dengan pesugihan dana ghaib nya. Dan alhamdulillah sudah terbukti nyata hasilnya sekarang. Terima kasih banyak ya allah atas semua rejekimu selama ini..

    BalasHapus
  7. Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau ada ke bohongan sy sama sekali. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang sy takut hubungi nomer trsebut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan dana hibah maupun melalui anka nomer togel. Setelah sy telpon melalui whatsApp untuk dengar arahan nya. bukan jg larangan agama atau jalan sesat. Tergantung dari keyakinan dan kepercayaan saja. Syukur Alhamdulillah melalui bantuan beliau benar2 sudah terbukti sekarang. Amin...

    BalasHapus