Kamis, 21 Mei 2020

Tentang Kim Soo Hyun yang Sedang Ditunggu




Ketika saya bilang suka acting Jang Ki Yong di Born Again, seorang teman meminta saya menonton Kim Soo Hyun. "Dijamin kamu bakalan suka!"

Sebelumnya saya sudah menonton drama saeguk Moon Embracing The Sun dan emang suka dengan totalitas akting Soo Hyun sebagai raja saat marah dan menangis. Dapet banget feel-nya. Tapi saya belum pernah nonton drama dan film doi yang lainnya. 

Pilihan saya kemudian jatuh ke drama My Love From The Star. Di drama ini Soo Hyun memerankan alien Do Min Joon. Sebagai alien yang sudah tinggal dan hidup di bumi selama 400 tahun, karakter: sosok lelaki muda tampan dan kaya yang misterius, cool, smart, kesepian, angkuh sekaligus rapuh berhasil diperankan secara sempurna oleh Soo Hyun. Benar-benar memikat. Nggak heran kalau melalui drama ini doi mendapatkan banyak penghargaan di negaranya sana (Best Actor, Best Netizen Award, Best Couple Award dan Most Popular Actor). Tjakep sih.

Setelah mantengin My Love From The Star yang panjangnya puluhan episode, saya lanjut nonton akting Soo Hyun di film Secretly Greatly yang konon diadaptasi dari webtoon populer. 

Genre film berdurasi dua jam ini action dan komedi berlatar konflik Korea Selatan - Korea Utara yang berkisah tentang tiga orang mata-mata Korea Utara yaitu Won Ryu Hwan (Kim Soo Hyun), Ri Hae Rang (Park Ki Woong), dan Rhee Hae Jin (Lee Hyun Woo) yang ditugaskan untuk menyusup ke wilayah Korea Selatan. 

Dalam rangka mengawasi masyarakat sekitar sekaligus saling mengawasi antar mata-mata (ribet banget huh!), masing-masing dari mereka menyamar menjadi orang idiot, penyanyi rock, dan seorang murid SMA di sebuah kota kecil.

Sampai sini aslinya nggak jelas banget sih target yang mereka awasi sebagai mata-mata negara yang telah dididik dan dilatih secara spesial dan professional dan siap bertaruh nyawa itu apa. Mendadak aja, karena ada pergeseran kekuasaan secara tiba-tiba di Korut, ketiga orang tersebut menerima perintah bunuh diri untuk menyelesaikan misi!  Bener-bener nyebelin plot ceritanya. 

Oke mari fokus saja pada akting Kim Soo Hyun di film ini yang konon membuat doi mendapatkan penghargaan Grand Bell untuk Aktor Terbaik di negaranya sana karena perannya yang memang memukau. Soo-hyun memainkan karakter seorang agen rahasia  yang menyamar menjadi Dong-gu, seorang remaja idiot yang tinggal sebagai anak angkat sekaligus pegawai toko di sebuah kota kecil yang orang-orangnya kalau belanja pakai minta dianterin ke rumah belanjaannya. Hahahaha!

Di awal cerita saya menikmati sosok lucu Dong-gu dan monolog Ryu-Hwan. Secara kebayang banget gimana rempongnya menjadi Dong-gu sekaligus Ryu-Hwan di saat bersamaan. Gimana seseorang yang memiliki keahlian bela diri yang mumpuni, penembak jitu dan punya kecerdasan superior sekaligus radar kepekaan yang tidak diragukan lagi harus berpura-pura menjadi ceroboh dan bodoh: jatuh setidaknya sekali sehari, buang air besar secara teratur di depan umum dan tidak menunjukkan tingkat kecerdasan serta rela dibully bocah. 

Yang menjadikan karakter Ryu-Hwan lebih kuat dan menonjol sekaligus bikin meleleh itu adalah bagaimana ia sebagai sosok tentara yang keras dan tegas yang siap membunuh dan terbunuh sewaktu-waktu juga menjadi anak rantau yang kesepian dan merindukan ibunya di kampung. Selain itu Ryu-Hwan juga jatuh sayang dan perhatian kepada ibu angkatnya yang di luar nampak kasar dan pelit tapi di dalam ternyata tulus menyayangi Bang Dong-gu.

Oh ya gara-gara menonton film ini saya jadi menemukan jawaban kenapa makbedunduk Kim Soo Hyun bisa muncul sebagai cameo memerankan orang idiot berbaju hijau di drama Crash Landing On You! Pret banget. Rupanya Bang Dong-gu bertemu 4 orang mata-mata dari Crash Landing On You saat sedang menjadi mata-mata di Secretly Greatly ini. Wew! 

Saat nonton akting Kim Soo Hyundi Film Real dan The Thieves, Soo Hyuk sebagai Jang Tae-Young dan Zampano terlihat lebih matang dengan adegan dewasanya. Eh? 

Saya jadi nggak sabar nungguin drama terbaru Kom Soo Hyun: Psycho But Its Okay atau Its Okay Be Not Okay. Semoga saja drama terbaru yang akan menjadi tonggak kembalinya Soo Hyun setelah hiatus ini bias sebagus harapan semua orang yang menunggunya. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Kisah Galau di Hati Minggu

Novel yang menurut saya termasuk kategori young adult ini ( baca: tidak direkomendasikan untuk pembaca di bawah umur tanpa pendampingan o...